Analisis Disiplin Belajar Siswa Kelas XII pada Pembelajaran Fisika

  • Retno Nurwulan SMA NEGERI 1 KUALA TUNGKAL
  • Feri Febrianto Universitas Jambi
Keywords: Pendidikan, Analisis, Disiplin, Fisika

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana disiplin belajar siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Kuala Tungkal dalam belajar mata pelajaran fisika.

Metodologi: Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Kuala Tungkal. Objek dalam penelitian ini yaitu disiplin belajar siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Kuala Tungkal terhadap mata pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode studi kasus (case study). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian angket pada siswa dan pengolahan data dilakukan dengan teknik Analysis Interactive model dari Miles dan Huberman. Selanjutnya membuat persentase dari hasil angket siswa.

Temuan Utama: Berdasarkan hasil analisis data dari tiap indikator disiplin didapati bahwa secara keseluruhan siswa kelas XIX MIPA di SMA Negeri 1 Kuala Tungkal memiliki disiplin yang baik dalam kegiatan belajar pada ilmu fisika dengan persentase rata-rata skor 79,43 %. Ketaatan terhadap tata tertib sekolah dengan persentase rata-rata skor 96,55 % dan ketaatan dalam mengerjakan tugas sekolah dengan persentase rata-rata skor 67,99 %. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Kuala Tungkal memiliki disiplin yang baik terhadap mata pelajaran fisika.

  • Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Keterbaruan penelitian ini yaitu adanya analisis disiplin belajar fisika siswa di jenjang kelas XII, dengan temuan siswa di SMAN 1 Kuala Tungkal memiliki disiplin yang baik.

References

[1] Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
[2] Hamdi, & Rahim Cut Kurniawati. (2019). Analisis minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMAN 1 Sakti. Jurnal Sains Riset (JSR), vol 9, 69-71.
[3] Kartono, Kartini. (2009). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Bandung: Mandar Maju.
[4] Miles, Mattew B dan A. Michael Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif, Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
[5] Sagala Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
[6] Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Published
2023-06-10
How to Cite
[1]
R. Nurwulan and F. Febrianto, “Analisis Disiplin Belajar Siswa Kelas XII pada Pembelajaran Fisika”, Sch. Jo. Phs. Ed, vol. 3, no. 4, pp. 86-89, Jun. 2023.
Section
Articles