Mengindentifikasi Sikap dan Karakter Toleransi Siswa Sekolah Menengah Atas

  • Muhammad Akbar Pisnaji Universitas Jambi
  • Asti Amelia Putri Universitas Jambi
  • Hikma Ramadani Universitas Jambi
Keywords: Karakter, Toleransi, Fisika

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui bagaimana sikap dan karakter siswa SMA Negeri 7 Batang Hari terhadap pendidikan sikap dan karakter toleransi.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah deskriptif statistic, yaitu berupa angket yang berisi pernyataan pernyataan. Populasi penelitian ini meliputi kelas X, XI dsn XII SMA Negeri 7 Batang Hari. Sampel untuk penelitian menggunakan siswa kelas XI dengan jumlah siswa 69. Teknik dalam pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan caramembagiakn link dari angket online melalui Google Form yang berisi pernyataan kepada siswa yang harus dipilih oleh siswa.

Temuan Utama: Siswa kelas XI SMA Negeri 7 Batang Hari memiliki sikap karakter yang baik dalam toleransi.Pendidikan karakter siswa pada stiap jenjang sangatlah penting.Oleh karena itu, sangat diharapkan adanya peningkatan kesadatan siswa terhadap sikap karakter toleransi.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Menambah informasi serta dapat membantu semua pihak yang terlibat di dalam dunia  pendidikan dalam membantu memajukan pendidikan karakter menjadi lebih baik kedepannya.

References

Aisyah, “Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasinya,” Jakarta: Kencana, 2018.

Akhmad, Nurul, “Keragaman Budaya,” Semarang :Alprin, 2019.

Agustiningsih, M. Y., Dewi G. & Winarno, “Pengaruh Model Pembelajaran Konsiderasi Terhadap Sikap Toleransi Siswa Pada Kompetensi Dasar Menghargai Keberagaman Suku, Agama, Ras, Dan Antargolongan Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” Educitizen, vol. 2, no. 2, pp. 125-139, 2017.

Astalini Dan Kurniawan, D. , “Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran Ipa,” Jurnal Pendidikan Sains (Jps), vol. 7, no. 1, pp. 1-7, 2019.

Astalini, Kurniawan, D. A. & Anggraini, L, “Correlation Between Confidence With Attitude Toward Science In Secondary School In Indonesia,” Beder University Journal Of Educational Sciences (Bjes), vol. 20, no. 1, pp. 30-45, 2019.

Budiaji, Weksi, “Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert,” Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, vol. 2, no. 2, pp. 127-133, 2013.

Hakim M. A. R., Riko F., Afri Y, “Mengidentifikasi Sikap Pendidikan Karakter Menghargai Prestasi Terhadap Siswa Kelas Viii Smp N 18 Kota Jambi,” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, vol. 4, no. 2, pp. 198-205, 2019.

Koesoema, Doni, “Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global,” Jakarta : Grasindo, 2007.

Kristanto, Vigih Hery, “Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Kti),” Sleman: Cv Budi Utama, 2018.

Muawanah, “Pentingnya Pendidikan Untuk Tanamkan Sikap Toleran Di Masyarakat,” Jurnal Vijjacariya, vol. 5, no. 1, pp. 57-70, 2018.

Omeri, Nopan, “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan,” Manajer Pendidikan, vol. 9, no. 3, pp. 464-468, 2015.

Subagyo, P, “Statistik Deskriptif,” Yogyakarta: Bpfe Yogyakarta, 2015.

Wiza, Orin Hidayusa, “Pengaruh Toleransi Siswa Yerhadap Sikap Mata Pelajaran Ipa Di Smp Negeri Kecamatan Pemayung,” Skripsi, Tidak Diterbitkan. Universitas Jambi : Jambi, 2020.

Umbara, Raditya Panji, “Panduan Resmi Tes Bumn Cat/Pbt,” Jakarta: Bintang Wahyu, 2018.

Yusuf, A. M, “Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatiff, Dan Penelitian Gabungan,” Jakarta: Kencana, 2017.

Zaprulkhan, “Islam Yang Santun Dan Ramah, Toleran Dan Menyejukan,” Jakarta: Gramedia, 2017.

Published
2020-12-31
How to Cite
[1]
M. A. Pisnaji, A. A. Putri, and H. Ramadani, “Mengindentifikasi Sikap dan Karakter Toleransi Siswa Sekolah Menengah Atas”, Sch. Jo. Phs. Ed, vol. 1, no. 4, pp. 107-111, Dec. 2020.
Section
Articles