E-Modul Fisika Dasar I Berbasis 3D Pageflip Professional

  • Meri Andayani Universitas Jambi
Keywords: E-Modul, 3D Pageflip, Fisika Dasar

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul fisika dasar 1 berbasis 3d pageflip professional pada materi besaran dan satuan, vektor, differensial dan integral.

Metodologi: Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa (sebagai data utama) dan validasi materi serta validasi media dengan validator dosen Pendidikan Fisika (sebagai data penunjang). Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif.

Temuan utama: Hasil penelitian menghasilkan modul elektronik Fisika Dasar 1 berbasis 3D pageflip professional pada materi besaran dan satuan, vektor, differensial dan integral yang telah melalui proses validasi dan dinyatakan layak untuk diuji cobakan. Hasil dari uji coba angket, terdapat 16 pernyataan yang valid dan terdapat satu pernyataan yang tidak valid. Nilai reliabilitas yang diperoleh adalah 0,9109 yang tergolong kategori sangat tinggi. Selanjutnya hasil penelitian terhadap persepsi mahasiswa diperoleh data yang meliputi 3 aspek yaitu aspek objek dengan nilai 19,2 yang tergolong baik, aspek alat indera dengan nilai 19,75 yang tergolong sangat baik, dan aspek perhatian dengan nilai 13,05 yang tergolong sangat baik. Nilai rata-rata skor pada keseluruhan indikator persepsi mahasiswa sebesar 52 dengan kategori sangat baik.

Aplikasi dari penelitain: Penelitian ini dapat digunakan untuk mempermudah pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fisika dasar.

Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dalam penelitian ini yaitu pengembangan produk E-modul yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

Author Biography

Meri Andayani, Universitas Jambi

 

 

References

Sumantri, Mohammad Syarif. Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers. 2015.

Marty, Dewees. Contemporary Social Work Practice. New York: MC Graw Hill. 2006.

Sihadi, dkk. The effects of green schooling knowledge level and intensity of parental guidance on the environmental awareness of the early age student. Vol. 12. No. 5, pp. 251-257. 2017.

Sujoko. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 1. No. 1, pp. 2337-7623. 2013.

Munadi, Yudhi. Media pembelajaran (sebuah pendekatan baru). Jakarta: Gaung Persada Pers. 2008.

Wahyuni, Sri, dkk. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Sebagai Media Instruksional Pokok Bahasan Hukum Newton Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. 2301-9794. 2013.

Riantoni, C. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis inquiry terbimbing

untuk eksperimen fisika SMP yang menggunakan phet interactive simulations pada materi listrik statis dan dinamis, Skripsi, Jambi: Universitas Jambi. 2013.

Hany & Densita. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D PageFlip Fisika untuk Materi Getaran dan Gelombang Bunyi. JPPPF - Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. Vol, 2 No.1, 2461-0933. 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2015.

Branch. Instructional Design: The ADDIE Aproach. London: Springer. 2009.

Published
2020-05-31
How to Cite
[1]
M. Andayani, “E-Modul Fisika Dasar I Berbasis 3D Pageflip Professional”, Sch. Jo. Phs. Ed, vol. 1, no. 2, pp. 44-47, May 2020.
Section
Articles