Pengembangan Worksheet Materi Gelombang Berbasis Keterampilan Proses Sains

  • Nur Izzati Haq SMAN 12 Kota Jambi
Keywords: Worksheet, Keterampilan Proses Sains, Fisika Dasar II

Abstract

Tujuan penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan worksheet berbasis keterampilan proses sains pada materi gelombang dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap worksheet yang dikembangkan.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D meliputi tahap define, design, develop dan disseminate. Subjek uji coba penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika yang mengontrak mata kuliah fisika dasar II.  Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli dan angket persepsi mahasiswa.  Teknik analisa data yang berupa skor angket validasi dan angket persepsi mahasiswa dilakukan secara statistik deskriptif.  Sedangkan analisis data hasil telaah dokumen pada saat observasi awal dan saran validator dilakukan secara deskriptif kualitatif.

Temuan utama: Hasil penelitian ini adalah worksheet berbasis keterampilan proses sains pada materi gelombang. Spesifikasi yang terdapat di worksheet ini yaitu worksheet didesain dengan tampilan cover yang menarik dan dilengkapi dengan gambar yang sesuai. Reliabilitas angket persepsi mahasiswa kategori baik.  Hasil analisis persepsi mahasiswa pada aspek desain sampul worksheet, desain isi worksheet, komponen penyajian, aspek KPS dan komponen kebahasaan. Dari keempat aspek tersebut diperoleh bahwa hasil persepsi mahasiswa terhadap Worksheet Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Gelombang ini adalah sangat baik.

Aplikasi dari penelitain: Penelitian ini dapat digunakan untuk mempermudah pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fisika dasar.

Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dalam penelitian ini yaitu berupa pengembangan produk yang dapat bermanfaat dalam mewujudkan pembelajaran yang efetif.

References

Dimyati & Moedjiono. “Belajar Dan Pembelajaran”. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2002.

Hariyadin, Sugeng & Rusmini. "Pengembangan Lembar Kerja Siswa Panduan Praktikum Berorientasi Keterampilan Proses untuk SMA Kelas X Semester II” Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 2013.

Conny. “Semiawan. Pendekatan Keterampilan Proses”. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. 1992.

Bundu. “Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains-SD”. Direktorat Ketenagaan. 2006.

Rezba. Learning and Assessing Science Process Skills. Amerika: Kendall. 1995.

E. H. Rahayu. Susanto, & D. Yulianti. “Pem-belajaran Sains dengan Pendekatan Keter-ampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol. 7, no. 2, pp. 106-110. 2011.

U. A. Deta., Suparmi,. & S. Widha. “Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. vol. 9, pp. 28-34. 2013.

A. Septiani. Penerapan Asesmen Kinerja Dalam Pendekatan Stem (Sains Teknologi Engineering Matematika) Untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains. Publikasiilmiah. 2016.

N. S. Sukmadinata. “Metode Penelitian Pendidikan”.Bandung: Remaja Rosdakarya. 2010

Z. R. Ridho., Indrawati., & A. A. Gani. “Pengembangan Model Pembelajaran Pots (Preconditioning, Organizing, Thinking, Simulating) Untuk Pembelajaran Fisika Kuantum”. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 86-92. 2016.

A. Maksum. “Metodologi penelitian dalam olahraga”. Surabaya: Unesa University Press. 2012.

D. Tripratiwi., M. M. Minarsih, & L. B. Hasiolan. “Analisis Pengaruh Harga, Keunggulan Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Konsumen Dalam Pembelian Mobil Mitsubishi Sport Pada PT Bumen Redja Abadi Semarang”. Journal Of Management, vol. 2, no. 2. 2016.

Sugiyono. “Metode PenelitianPpendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: CV.Alfabeta. 2012.

P. Krisnayani., L. R. Athana., & G. M. Darmawiguna. “Analisa Usability Pada Website UNDIKSHADengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation”. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI). Vol. 5 No. 2. 2016.

Published
2020-05-31
How to Cite
[1]
N. I. Haq, “Pengembangan Worksheet Materi Gelombang Berbasis Keterampilan Proses Sains ”, Sch. Jo. Phs. Ed, vol. 1, no. 2, pp. 48-53, May 2020.
Section
Articles