Pengembangan Instrument Miskonsepsi Fisika Berbasis Web Melalui CRI (Certainty Of Response Index)

  • Wiricha Annisak Universitas Jambi
Keywords: Certainty Of Response Index, Miskonsepsi, Web

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument identifikasi miskonsepsi fisika pada materi Listrik Dinamis melalui CRI (Certainty Of Response Index) berbasis web di kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas.

Metodologi: Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah dalam pengembangan ini menggunakan Sugiyono (2013), yang meliputi: (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Ujicoba Produk (7) Revisi Produk (8) Ujicoba Pemakaian (9) Revisi Akhir Produk (10) Produksi Massal. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validitas.

Temuan utama: Hasil analisis dari persepsi siswa untuk aspek kejelasan soal 77,0 % (baik), aspek tampilan 80,41 % (sbaik), aspek pengoperasian 78,95% (baik), dan aspek kemudahan 82,33 % (baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen identifikasi miskonsepsi fisika pada materi Listrik dinamis melalui CRI ini layak untuk mengidentifikasikan miskonsepsi fisika.

Aplikasi dari penelitain: Penelitian ini dapat digunakan dalam upaya meningkakan hasil pembelajaran siswa melalui metode yang tepat.

Keterbaruan penelitian: Keterbaruan dalam penelitian ini adalah penggembangan instrument dalam mengukur miskonsepsi siswa dalam pelajaran fisika berbasis web.

References

Kamilasari. “Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penulisan”. Bandung: Pustaka Setia. 2003

Klamer. ”Kajian konsep Fisika 1 untuk kelas X SMA & MA”. Solo; PT Tiga Serangkai Pustakan Mandiri. 1998

S. Paul. “Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika”. Jakara: PT Grasindo. 2013

A. Tia. “Identifikasi miskonsepsi siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan listrik dinamis di SMA N 2 Banda Aceh”, Skripsi,UNSYAH Kuala, Aceh. 2015

H. Saleem. “Misconseptions and the Certainty of Response Index (CRI)”. Jurnal of Phys. Educ. 1999

Andi. “Pemrograman PHP dan MySQL untuk pemula”. Yogyakarta; Madcoms. 2016

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2015

Hikam. Eksperimen Fisika Dasar. Kencana Jakarta. 2005

Muhidin. “Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur dalam Penulisan”. Bandung: Pustaka Setia. 2009

P. Riko. “Pengembangan instrument identifikasi fisika pada materi tekanan dengan Certaintly of Response Index (CRI)”. Skripsi, Universitas Jambi. Jambi . 2014

Arikunto, S., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2013

Y. R. Tayubi. “Identifikasi Miskonsepsi Pada Konsep-Konsep Fisika Menggunakan Certainty of Response Index (CRI)”. Misconception & CRI. No 3/XXXIV/2005: Pp -299. 2005

Published
2020-05-31
How to Cite
[1]
W. Annisak, “Pengembangan Instrument Miskonsepsi Fisika Berbasis Web Melalui CRI (Certainty Of Response Index)”, Sch. Jo. Phs. Ed, vol. 1, no. 2, pp. 54-58, May 2020.
Section
Articles