Deskripsi Sikap Siswa Kelas X terhadap Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sungai Penuh

  • Mashelin Wulandari Universitas Jambi
Keywords: Fisika, Deskriptif, Sikap

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Penuh terhadap pelajaran fisika. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif.

Metodologi: Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Penuh dengan rincian kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3. Penelitian ini menggunakan teknik total dengan total 60 siswa dari ketiga kelas tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan teknik analisa data statistik deskriptif dengan bantuan software IBM SPSS Statistics. Instrument angket menggunakan skala likert yang terdiri dari 5 indikator..

Temuan Utama: Hasil persentase  dominan yang diperoleh untuk setiap indikator adalah  90% pada implikasi sosial dari fisika, 71,7 % pada  normalitas ilmuwan fisika, 70%  pada indikator sikap terhadap penyelidikan dalam fisika , 65%  pada indikator adopsi dari sikap ilmiah dan 83,3% pada indikator kesenangan dalam belajar fisika. Sehingga dari seluruh indikator dapat dikatakan bahwa siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Penuh memiliki sikap yang baik terhadap pelajaran fisika.

 

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Sikap siswa dikategorikan sangat baik. Karena persentase nilai yang dominan berada di kategori baik.

References

Kurniawan, D.A., Astalini., & Kurniawan N, “Sikap Siswa Terhadap Pelajaran IPA di SMP Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi,” Curricula: Journal of Teaching and Learning, vol. 4, no. 3, pp. 111-127, 2019.

Misriati, “Deskriptif Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar 122/Petaling,” Indonesian Journal of Education Research (IJoER), vol. 1, no. 1, pp. 12-17, 2020.

Astalini., Kurniawan, D.A., & Putri, A.D, “Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir di Bidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi,” Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 7, no. 2, pp.93-108, 2018.

Putra, D.S., Lumbantoruan, A., & Christine, S.S, “Deskripsi Sikap Siswa: Adopsi Sikap Ilmiah, Ketertarikan Memperbanyak Waktu Belajar Fisika dan Ketertarikan Berkarir di Bidang Fisika,” Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 8, no. 2, pp. 91-100, 2019.

Astalini., dkk, “Motivation and Attitude of Students on Physics Subject in the Middle School in Indonesia,” International Education Studies, vol. 9, no. 1, pp. 15-26, 2019.

Ariani, T., & Agustin, D, “Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di SMP Negeri Air Lesing,” Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), vol. 14, no. 2, pp. 72-81, 2018.

Effendi, R., Puspitasari, T.O., & Pratiwi, N.I, “Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari Fisika, Normalitas Ilmuwan, dan Adopsi Sikap Ilmiah,” Attractive: Innovative Education Journal, vol. 2, no.1, pp. 132-142, 2020.

Anggraini, L., & Perdana, R, “Deskripsi Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Pertama,” Pancasakti Science Education Journal, vol. 4, no. 2, pp. 83-96, 2019.

Sari, C.E., Arafah, K., & Yani, A, “Identifikasi Sikap Ilmiah dalam Melakukan Praktikum Fisika pada Peserta Didik di SMAN 12 Makassar,” Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), vol. 6, no. 1, pp. 27-31, 2020.

Published
2021-12-31
How to Cite
[1]
M. Wulandari, “Deskripsi Sikap Siswa Kelas X terhadap Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Sungai Penuh”, Sch. Jo. Phs. Ed, vol. 2, no. 4, pp. 85-79, Dec. 2021.
Section
Articles