Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

  • Novita Kiftiah Universitas Jambi

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datardikelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi..

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Post-Test Only Control Design dengan dua kelas sampel yang masingmasing diberi post-test diakhir pembelajaran. Kelas eksperimen di terapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran langsung. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes untuk kemampuan komunikasi tertulis, lembar observasi kemampuan komunikasi lisan siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.

Temuan utama: Dari hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen yaitu 68,0631 dan rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis pada kelas kontrol sebesar 54,722. Hasil uji t hitung dibandingkan dengan t tabel untuk nilai kemampuan komunikasi matematis siswa didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,641355 > 2,008559. Karena thitung berada diluar daerah penerimaan H0 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki perbedaan dengan rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung.

Keterbaruan penelitian: Penelitian ini memperkuat adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran problem Based learning dan model pembelajaran Langsung pada materi bangun ruang Sisi datar.

References

Respati, Ressa, and Dkk, “Pengaruh Pendekatan Problem-Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Skala dan Perbandingan,” J. Pena Ilm., vol. 01, no. 01, pp. 171–180, 2016.

Eggen, Paul, Kauchak, and Don, Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta Barat: PT Indeks.

Lestari, K. Eka, Yudhanegara, and M. Ridwan, NPenelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-18. Bandung: CV Alfabeta, 2013.

S. Arikunto, Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

B. Ansari, Komunikasi Matematik. bandaAceh: Yayasan PeNa, 2009.

Published
2022-01-31
How to Cite
[1]
N. Kiftiah, “Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Langsung Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ”, Jor. Eva. Edu, vol. 3, no. 1, pp. 13-18, Jan. 2022.
Section
Articles