Pengembangan Modul Matematika Berbasis Accelerated Learning pada Materi Himpunan di SMPN 1 Kota Jambi

  • Nurul Fadila Universitas Jambi
Keywords: Accelerated Learning, Himpunan, Matematika

Abstract

Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul matematika berbasis accelerated learning untuk materi himpunan kelas VII SMP yang valid menurut ahli serta untuk mengetahui keefektifan modul tersebut.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian validasi materi, validasi desain modul, angket pada uji coba produk, tes hasil belajar siswa, lembar observasi siswa, dan angket respon siswa.

Temuan utama: Dari hasil analisis, keefektifan modul ini terlihat dari hasil observasi aktivitas pembelajaran siswa mencapai 86,19% menunjukkan kategori “sangat baik”, hasil analisis post-test yaitu 85,71% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, dan hasil analisis dari angket respon siswa menunjukkan kategori “sangat positif”. Ini artinya modul yang dibuat sudah menunjukkan keefektifan. Oleh karena hal tersebut modul ini bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP khususnya pada pembelajaran Himpunan di Kelas VII.

Keterbaruan penelitian: Penelitian ini memiliki keterbaruan pada variabel yang diteliti yakni keefektifan modul matematika berbasis accelerated learning untuk materi himpunan kelas VII SMP yang belum pernah dilakukan oleh peneliti terdahulu.

References

M. Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

R. Asyhar, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jambi: GP Press, 2011.

I. Lestari, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia Permata, 2013.

Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media, 2014.

R. Fitriani, Astalini, and D. A. Kurniawan, “Studi Ekploratif: Pengembangan Modul Elektronik pada Mata Kuliah Fisika Matematika 1,” Al Ulum Sains dan Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 1–9, 2020, doi: 10.31602/ajst.v7i1.5462.

A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: dira Press, 2011.

M. Taufiq and H. Khairul, “Penerapan Model pembelajaran Accelerated Learning untuk Menungkatkan Hadil Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Dewantara pada Konsep Hukum Newton,” J. Pendidik. Fis., 2013.

H. Pramudiani, T. Widianti, and E. Peniati, “Penerapan Pendekatan Accelerated Learning Disertai Media,” Unnes J. Biol. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 164–171, 2014, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe.

R. Branch, Instructional Design : The ADDIE Approach. USA: Springer, 2009.

Published
2022-01-31
How to Cite
[1]
Nurul Fadila, “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Accelerated Learning pada Materi Himpunan di SMPN 1 Kota Jambi”, Jor. Eva. Edu, vol. 3, no. 1, pp. 19-23, Jan. 2022.
Section
Articles