Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Ispring Suite Pada Materi Eksponen Dan Logaritma

  • Iling Prihatin Jambi University
Keywords: Bahan Ajar, Ispring Suite, Pendekatan Saintifik

Abstract

Tujuan penelitian: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk bahan ajar interaktif menggunakan Ispring Suite berbasis pendekatan saintifik untuk materi eksponen dan logaritma di kelas X SMA serta untuk mengetahui kualitas dari bahan ajar tersebut.

Metodologi:. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Eva-luation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian validasi materi, desain pembelajaran, angket tanggapan guru dan siswa, tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktivitas belajar siswa, dan angket respon siswa.

Temuan utama: Dari hasil analisis, bahan ajar interaktif ini termasuk dalam kriteria valid dengan kategori “baik” dan termasuk dalam kriteria praktis dengan kategori “sangat baik”. Selain itu, keefektifan bahan ajar terlihat dari hasil observasi aktivitas pembelajaran siswa mencapai 90,05% menunjukkan kategori “sangat baik”, hasil analisis post-test yaitu 87,5,% nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, dan hasil analisis angket persepsi siswa mencapai 88,13% menunjukkan kategori “sangat positif”. Ini artinya bahan ajar interaktif yang dibuat sudah menunjukkan kualitas bahan ajar interaktif yang baik. Sehingga bahan ajar interaktif ini bisa digunakan oleh guru dan siswa khususnya pada pembelajaran eksponen dan logaritma di Kelas X SMA.

Keterbaruan penelitian: Penelitian ini memiliki keterbaruan pada variabel yang diteliti yakni keefektifan modul matematika berbasis accelerated learning untuk materi himpunan kelas VII SMP yang belum pernah dilakukan oleh peneliti terdahulu.

References

Hosnan, Muhammad. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia: Bogor.

Jefri. 2012. Desain media pembelajaran fisika dengan menggunakan software ispring presenter pada materi listrik dinamis kelas x sma. Skripsi. Universitas Jambi. Jambi.

Kemendikbud. 2013a. Permendikbud No. 65 tentang Standar Proses.Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed). London: Kluwer Academic Plubishers.

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Published
2022-01-31
How to Cite
[1]
I. Prihatin, “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Ispring Suite Pada Materi Eksponen Dan Logaritma”, Jor. Eva. Edu, vol. 3, no. 1, pp. 24-31, Jan. 2022.
Section
Articles