Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Playdough

  • Nahnul Iman Kindergarten Bengkulu
  • Nursalamah Nursalamah Kindergarten Bengkulu
  • Wanada Siti Salsabilah IAIN Bengkulu
Keywords: Anak usia dini, Bermain, Kognitif, Playdough

Abstract

Purpose of the study: Bermain yang merupakan dunia anak-anak yang memang sama sekali tidak dapat diabaikan keberadaanya. Bermain bukanlah hal yang sepeleh. Tidak dapat dianggap dengan hal buang-buang waktu percuma. Justru sebaliknya, dengan bermain banyak hal yang dapat dipelajari anak. Bermain juga bisa mengasah kemampuan kognitif, afekti, dan psikomotor anak. Media playdough adalah media yang menarik, bahannya yang kenyal serta mudah didapat. Media playdough mampu mengasah keterampilan serta perkembangan dalam aspek kognitif anak usia dini.

Methodology: Jenis penelitian yang akan penulis lakukan adalah tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan yang meliputi penyusunan recana, melaksanakan tindakan, melakukan analisis dan refleksi terhadap hasil observasi dari analisis dan refleksi. Penelitian ini menggunakan populasi peserta didik usia dini di taman kanak-kanak Titian Sejahtera Tanjung Pauh Talang Pelita. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 12 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi perkembangan kognitif, kompetensi, dan hasil belajar dengan skala likert 4. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan rumus persentase

Main Findings: berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran dan hasil refleksi yang dilakukan selama tiga siklus menunjukkan adanya dampak positif dari pemanfaatan media playdough ini terhadap perkembangan kognitif anak. Hal tersebut terlihat pada perkembangan kognitif anak yang meningkat dari kegiatan pra tindakan dan setelah tindakan. Proses kegiatan pembelajaran melalui pemanfaatan media playdough ini lebih menarik dan menyenangkan bagi anak. Jadi setelah tindakan dilakukan terjadi perkembangan kognitif anak meningkat sebesar 75,56%

Novelty/Originality of this study: Keterbaharuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah mengeksplorasi kegiatan bermain anak usia dini, yang dianggap sebelah mata. Ternyata, mampu membantu dalam perkembangan kognitif anak usia dini. Dimana, dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media playdough sebagai sarana bermain anak yang kemudian diamati bagaimana kegiatan bermain playdough ini dapat membantu perkembangan kognitif anak usia dini.

References

[1] P. Delgadoa, C. Vargasb, R. Ackermanc, and L. Salmerón, “Don’t throw away your printed books: A meta-analysis on the effects of reading media on reading comprehension,” Educ. Res. Rev, vol. 25, pp. 23–38, 2018, doi: 10.1016/j.edurev.2018.09.003.
[2] F. Reichert, D. Lange, and L. Chow, “Educational beliefs matter for classroom instruction: A comparative analysis of teachers’ beliefs about the aims of civic education,” Teach. Teach. Educ, vol. 98, pp. 1–13, 2020, doi: 10.1016/j.tate.2020.103248.
[3] I. Irwanto, E. Rohaeti, and A. K. Prodjosantoso, “A Survey Analysis of Pre-Service Chemistry Teachers’ Critical Thinking Skills,” MIER Journal of Educational Studies, Trends & Practices, vol. 8, no. 1, pp. 57–73, 2018. doi: 10.52634/mier/2018/v8/i1/1423.
[4] A. Hofstein and R. Mamlok-Naaman, “High-school students’ attitudes toward and interest in learning chemistry,” Educacion Quimica, vol. 22, no. 2, pp. 90–102, 2011, doi: 10.1016/s0187-893x(18)30121-6.
[5] J. F. Hair, R. E. Anderson, R. L. Tatham, and W. C. Black, Multivariate Data Analysis, 7th ed. United Stated, Pearson Education Limited, 2019.
[6] M. Pressley and C. B. McCormick, Advanced educational psychology for educators, researchers, and policymakers. New York, USA: HarperCollins College Publishers, 1995.
[7] R. G. Brockett and R. Hiemstra, Self-direction in adult learning: Perspectives on theory, research, and practice. London and New York: Routledge, 2020.
[8] B. J. Zimmerman and A. R. Moylan, “Self-regulation: where metacognition and motivation intersect,” in D. J. Hacker, J. Dunlosky, and A. C. Graesser, Eds., Handbook of Metacognition in Education, 2009, pp. 299–315.
[9] G. Veruggio, “The EURON roboethics roadmap,” in Proc. Humanoids ’06: 6th IEEE-RAS Int. Conf. Humanoid Robots, 2006, pp. 612–617, doi: 10.1109/ICHR.2006.321337.
[10] J. Zhao, G. Sun, G. H. Loh, and Y. Xie, “Energy-efficient GPU design with reconfigurable in-package graphics memory,” in Proc. ACM/IEEE Int. Symp. Low Power Electron. Design (ISLPED), Jul. 2012, pp. 403–408, doi: 10.1145/2333660.2333752.
Published
2020-12-31
How to Cite
[1]
N. Iman, N. Nursalamah, and W. S. Salsabilah, “Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Playdough”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 1, no. 6, pp. 156-160, Dec. 2020.
Section
Articles