Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi

  • Toha Puta Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung
Keywords: Model pembelajaran kooperatif, Jigsaw, Keaktifan, Sosiologi

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mendeskripsikan tingkat keaktifan siswa berkemampuan tinggi dalam implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019.Untuk mendeskripsikan tingkat keaktifan siswa berkemampuan sedang dalam implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019.Untuk mendeskripsikan tingkat keaktifan siswa berkemampuan redah dalam implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas XI IPS 1 MA Nurul Ulum Munjungan Trenggalek tahun ajaran 2018/2019.

Metodologi:Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara,angket observasi dan dokumentasi lalu dianalisis secara induktif.

Temuan Utama: Keaktifan siswa berkemampuan tinggi pada implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pada poin bekerjasama dan menerima respon siswa menanggapi dengan baik, siswa mengaku dapat bekerjasama dan bertukar pikiran.Keaktifan siswa berkemampuan sedang pada implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pada poin bekerjasama dan menerima respon siswa menanggapi dengan baik, mengaku dapat bekerjasama dan bertukar pikiran tetapi siswa merasa kurang kondusif dalam pembelajaran karana suasana si dalam kelas menjadi ramai. Keaktifan siswa berkemampuan tinggi pada implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pada poin bekerjasama dan menerima respon siswa menanggapi dengan baik, siswa mengaku kurang berminat dan cenderung tidak dapat bekerjasama.

Keterbaruan/Keaslian penelitian: Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi guru sekolah dasar dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipejigsaw yang tepat untuk meningkatkan pembelajaran mata pelajaran sosiologi. Dan mengembangkan kreativitas dan Inovatif pembelajaran yang aktif, kreatif,efektif dan menyenangkan. Dapat digunakannya sebagai acuan bagi perbaikan kualitas pembelajaran di kelas dalam meningkatkan pemahaman pelajaran sosiologi dan mata pelajaran lainnya serta mewujudkan pembelajaran yang efektif di sekolah.

References

Hijrihani, Curie Putri; Wutsqa, Dhoriva Urwatul. Keefektifan Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2015, 10.1: 1-14.

Fathurrohman, Muhammad. Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Penerbit Garudhawaca, 2017.

Septiana, Dinda Ayu; Prihatnani, Erlina. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Dari Penerapan Jigsaw Dan Tsts Pada Siswa Kelas Xi Sman 1 Ambarawa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 2018, 5.2: 38-48.

Irianti, desi, et al. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Kebalen 03 Bekasi. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2014, 2.2: 9-19.

Daud, firdaus. Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 2012, 19.2: 243-255.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.2006, Hal. 247

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruksvitis, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007), hlm. 81

Agus Suprijono,Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), hlm.58

Mudlofar, Mudlofar. Upaya peningkatan pemahaman belajar siswa melalui metode jigsaw pada pembelajaran PPKN materi arti Sumpah Pemuda kelas III semester I di MI Raudlatul Wildan Wedung Demak aahun pelajaran 2014/2015. 2014. PhD Thesis. UIN Walisongo.

Mudlofar, Mudlofar. Upaya peningkatan pemahaman belajar siswa melalui metode jigsaw pada pembelajaran PPKN materi arti Sumpah Pemuda kelas III semester I di MI Raudlatul Wildan Wedung Demak aahun pelajaran 2014/2015. 2014. PhD Thesis. UIN Walisongo.

Published
2021-08-31
How to Cite
[1]
T. Puta, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi”, Jo. Soc. Know. Ed, vol. 2, no. 3, pp. 56-59, Aug. 2021.
Section
Articles