Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ikan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

  • Ahmad Fatan Nurbasya Universitas Islam Negeri Walisongo
Keywords: Strategi Pengembangan Usaha Islami, Perekonomian, Wirausahawan muslim

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Apa saja kendala yangdihadapikelompok budidaya Al- Amin dalam mengembangkan usaha yang dijalankan.

Metode:Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research),dengan menggunakandua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunderyang didapat dengan menggunakan metode observasi, wawancara dandokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis denganmenggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.

Temuan Utama: Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulankelompok budidaya Al- Amin di Desa Tlogoboyo sudah menerapkan StrategiPengembangan usaha. dapat dilihat dari adanya strategi pengembangan usahaseperti berdaskan sikapnya.

Kebaruan/Keaslian dari Penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini adalah peneliti meneliti strategi pengembangan usaha peternakan ikan yang ditinjau dari perspektif ekonomi islam.

References

Abdullah Ma‟ruf, “Wirausaha Berbasis Syari’ah”, Banjarmasin: Penerbit AntasariPerss, 2011.

Brian R. Ford, Jay M. Bornstein dan Patrick T. Pruitt, “The Ernst & Young Business Plan”, penerjemah Irma Andriani, Jakarta: PT Cahaya Insani Suci, 2008.

Budiarta Kustoro, “Pengantar Bisnis”, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2009.

Dyas Nur Fajrina, “Analisis Peranan Bisnis Berbasis Syari’ah pada Wirausaha Muslim (StudyPada Wirausaha Muslim di Perumahan Kaliwungu Indah-Kendal)”, Skripsi, Semarang : UIN Walisongo, 2015.

Djakfar Muhammad, “Anatomi Perilaku Bisnis Dialektika Etika dengan Realitas”, Malang: UIN-Malang Press, 2009.

Efendi Hariandja Marihot Tua, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Diponegoro, 2010, (Al-Baqarah, 2 : 275), h. 47.

Faizin, Penjual Pakan dan Peternak Ikan, Wawancara, 29 Juli 2018.

Fiata Nuratul Faizah, “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Islam pada UMKM Makar Abadi KabupatenGrobogan”, Skripsi Semarang : UIN Walisongo Semarang, 2015.

Harmaizar, Menangkap Peluang Usaha, Bekasi: CV Dian Anugerah Prakasa, 2003.

Hasan Ali, “Manajemen Bisnis Syari’ah”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Helen Malinda, “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis UKM guna Meningkatkan Pendapatan Karyawan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Usaha Bakso Ikan Cahaya Bahari Desa Linggar Jati Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan)”,Skripsi Lampung : UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Heru Susanto, “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pelaku Ekonomi Kreatif Subsektor Kerajian dan Fesyen dI Daerah Istimewa Yogyakarta", Skripsi, Yogyakarta :UMY, 2016.

Bungi, M. Burhan, “Penelitian Kulitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Public, dan ilmu Sosial Lainnya”, Jakarta: Kencana, 2010.

Sugiyono, “Statistika Untuk Penelitian”, Bandung: Alfabeta, 2002.

Subagyo, Joko, “Metode Penelitian (Dalam Teori Praktek)”, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Published
2021-05-31
How to Cite
[1]
A. F. Nurbasya, “Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ikan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam”, Jo. Soc. Know. Ed, vol. 2, no. 2, pp. 31-34, May 2021.
Section
Articles