Pengaruh Model Kepemimpinan terhadap Kesejahteraan dan Produktivitas Kerja Karyawan dalam Perspektif Ekonomi Islam

  • Mira Novalia UIN Raden Intan
Keywords: Model Kepemimpinan, Kesejahteraan, Produktivitas, Kerja Karyawan

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model kepemimpinan terhadap kesejahteraan karyawan pada BPRS Bandar Lampung dan BPRS MAU Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi islam dan untuk mengetahui pengaruh model kepemimpinan terhadap produktivitas kerja karyawan pada BPRS Bandar Lampung dan BPRS MAU Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi islam.

Metode:Jenisnya penelitian ini yaitu jenis Penelitian Lapangan (Field Research) menggunakan motode pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi.

Temuan Utama: Dalam penelitian ini karakterisitik responden tertinggi dilihat dari jenis kelamin Laki-Laki (65%) pada BPRS Bandar Lampung, umur 21-30th (64.3%) pada BPRS MAU Bandar Lampung, pendidikan terakhir S1 (65%) pada BPRS Bandar Lampung, pekerjaan Sales Officer (35.7%) pada BPRS MAU Bandar Lampung, masa kerja 5-10th (70%) pada BPRS Bandar Lampung. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian ini model kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan karyawan dalam perspektif ekonomi islam pada BPRS Bandar Lampung sebesar 90.8%, sedangkan pada BPRS MAU Bandar Lampung sebesar 48.0% dan model kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dalam perspektif ekonomi islam pada BPRS Bandar Lampung sebesar 77.3%, sedangkan pada BPRS MAU Bandar Lampung sebesar 80.5%.

Kebaruan/Keaslian dari Penelitian: Hasil penelitian bermanfaat unuk menambah pengetahuan dan wawasan penulis mengenai masalahModel Kepemimpinan, Kesejahteraan karyawan dan Produktivitas Kerja Karyawan. Sebagai bahan masukan untuk BPRS Bandar Lampung dan BPRS MAU Bandar lampung dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas kerja karyawan. Sebagai salah satu syarat menyelesaikan akademisi dan mendapat gelar Strata 1 di Program Sarjana Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

References

[1] Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Ke-11 (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), h. 1.
[2] Malayu S.P Hasibuan, Op.cit, h. 185
[3] Taufiq Rachman, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Pertama (Bogor: Ghalia Indonesia, 2016) , h. 57
[4] “Pengertian BPRS” (On-line), tersedia di: https//acankende.wordpress.com/2010/11/28/bank-perkreditan-rakyat-bpr-syariah/ (16 Januari 2017)
[5] Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Ke-24(Bandung: Alfabeta, 2016), h. 8
[6] Jusuf Soewadji, Pengantar Metodelogi Penelitian ( Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012), h. 129
[7] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ke-24(Bandung: Alfabeta, 2016), h. 80
[8] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ke-24(Bandung: Alfabeta, 2016), h. 81
Published
2020-11-30
How to Cite
[1]
M. Novalia, “Pengaruh Model Kepemimpinan terhadap Kesejahteraan dan Produktivitas Kerja Karyawan dalam Perspektif Ekonomi Islam”, Jo. Soc. Know. Ed, vol. 1, no. 4, pp. 115-119, Nov. 2020.
Section
Articles