Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Sejarah Siswa di Sekolah Menengah Atas

  • Anna Riga Universitas Jambi
Keywords: Sejarah, Motivasi, Belajar

Abstract

Tujuan penelitian: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi belajar sejarah siswa SMA Negeri 18 Kababupaten Tebo.

Metodologi:Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis deskriptif, Penelitian mendeskripsikan semua kejadian dan menginterprestasikan data hasil koesinoner. Teknik pengambillan sampel menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar sejarah, penelitian ini bersifat desktiptif

Temuan utama: Berdasarkan hasil penelitian dari angket yang peneliti sebarkan terdapat sebanyak 24 siswa dengan hasil presentase 45,28% dalam kategori sedang unsur-unsur dinamis ini merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar karena dalam hal ini bagaimana cara guru memanfaatkan media sebai sumber belajar. ketika guru mngajar tidak menggunakan sumber belajar yang bervariasi maka siswa akan bosan dalam belajar siswa yang bosan dalam belajar maka hal itu akan berpengaruh pada motivasi siswa sebaliknya jika guru menggunakan media sebagai sumber belajar maka siswa tidak akan bosan dan akan semngat dalam belajrnya hal itu akan menimbulkan motivasi pada diri siswa.

Keterbaruan/Keaslian penelitian:Dapat dijadikan bahan refleksi bahwa dalam memberikan pembelajaran bukan hanya sebatas memberikan materi saja, namun perlu memotivasi siswa agar minat belajar siswa terhadap sejarah terus meningkat.

References

W. B. Sulfemi and A. Qodir, “Hubungan Kurikulum 2013 Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Smk Pelita Ciampea,” EDUTECNO J. Pendidik. DAN Adm. Pendidik., vol. 17, no. 106, pp. 1–12, 2017.

A. J. Nugraha, H. Suyitno, and E. Susilaningsih, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL,” J. Prim. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 35–43, 2017, doi: 10.15294/jpe.v6i1.14511.

A. Fauziah et al., “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota,” J. JPSD, vol. 4, no. 1, 2017.

A. Kusmana, “Motivasi Belajar (Motivation Of Learning) Jambi: Himpunan sarjana pendidikan ilmu-ilmu sosial Indonesia (HISPISI).,” J. Pendidik. ilmu ilmu Sos. J. Pendidik. ilmu-ilmu Sos., vol. 4, no. 9, 2010.

Dimyati and Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran. Jalkarta: Rineka Cipta, 2013.

Slameto, Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

N. Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta. 2017.

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta, 2007.

Published
2020-11-30
How to Cite
[1]
A. Riga, “Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Sejarah Siswa di Sekolah Menengah Atas”, Jo. Soc. Know. Ed, vol. 1, no. 4, pp. 88-94, Nov. 2020.
Section
Articles