Analisis Peran Pembiayaan Modal Kerja Usaha Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Perspektif Ekonomi Islam

  • Ila Karini Universitas Jambi
Keywords: Peran pembiayaan, Model kerja usaha, UMKM

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pemberian pembiayaan usaha mikro pada BTM Muhammadiyah Sukarame. Dan Untuk mengetahui hambatan dalam perkembangan Usaha Mikro di Kecamatan Sukarame..

Metodologi:Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dalam kancah kehidupan yang sebenarnya. Dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode dalam penelitian yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode penelitian kualitatif yang dipadukan dengan teori kepustakaan kemudian dari semua data yang terkumpul diolah secara sistematis.

Temuan Utama: Setelah melakukan penelitian dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan kemudian menganalisanya, maka dapat disimpulkan peran pembiayaan modal kerja usaha terhadap peningkatan Usaha Mikro di pasar Tempel bahwasanya adanya peningkatan dalam volume barang, peningkatan penjualan, dan pertumbuhan pasar. Dan adapun hasil analisa mengenai pembiayaan modal kerja usaha dalam pandangan ekonomi Islam yaitu sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu tidak bertentangan dengan syariah Islam. Dengan asas tolong menolong sehingga tidak memberatkan nasabah, kemudian dari rukun-rukun dalam pembiayaan modal kerja yang menggunakan akad murabahah yang semua rukunnya terpenuhi.

Keterbaruan/Keaslian penelitian: Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan dalam peningkatan usaha mikro dan kecil yang dikelola oleh pengusaha kecil. Sebagai sarana untuk melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah, sistematis dan kemampuan untuk menuliskannya dalam bentuk karya ilmiah berdasarkan kajian-kajian teori dan aplikasi yang diperoleh dari Perbankan Syariah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Contoh Skripsi islamic Banking mengenai pembiayaan usaha mikro.

References

Nurul Widya Ningrum, “Model Pembiayaan BMT dan Dampaknya bagi Pengusaha Kecil”, (Bandung: akatiga), 2002, hlm.7

Muhammad syafi’i Antonio, “Bank Syariah dalam Teori ke Praktik”, (Jakarta: Gema Insani dan Tazka Cendikiawan), 2001, hlm.160

Lincolin Arsyad, “Lembaga Keuangan Mikro”, (Yogyakarta: Andi Offset),2008, hlm.1.

Adler Haymas Manurung, “Wirausaha: Bisnis UKM”, (Jakarta:kompas),2005, hlm.3

Adler Haymas Manurung, “Modal untuk Bisnis UKM”, (Jakarta: PT kompas Media Nusantara), 2008, hlm.3.

Sumadi Suryabrata, “Metodologi Penelitian”, (Jakarta: Raja Grafindo Persada),1998, hlm. 22. 15 I

Iqbal Hasan, “Analisis Data Penelitian dengan Statistik”,(Jakarta: Bumi Aksara), 2008, hlm. 5

Kaelan, M.S., “Metode penelitian Kualitatif Bidang Filsafat”, (Yogyakarta: paradigma), 2005, hlm.58

Amiridin dan Zainal Asikin, “Pengantar Metode Penelitian Hukum”, (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada), 2003, hlm. 30

Published
2020-05-31
How to Cite
[1]
I. Karini, “Analisis Peran Pembiayaan Modal Kerja Usaha Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Perspektif Ekonomi Islam”, Jo. Soc. Know. Ed, vol. 1, no. 2, pp. 57-61, May 2020.
Section
Articles