Analisis Manajemen Pengelolaan Pasar Tradisional Guna Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kecil Dalam Perspektif Ekonomi Islam

  • Indah Superti Universitas Jambi
Keywords: Manajemen Pengelolaan, Pasar Tradisional, Pendapatan

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan di Pasar Simpang Agung dan apakah manajemen pengelolaan tersebut memiliki pengaruh terhadap pendapatan pedagang kecil, serta mengemukakan pandangan Ekonomi Islam mengenai manajemen pengelolaan Pasar Simpang Agung, Desa Simpang Agung, Lampung Tengah.

Metodologi:Dalam penelitian ini tentunya memerlukan populasi dan sampel, populasi yang digunakan sebanyak 303 orang yang memiliki kaitannya dengan penelitian ini, serta sampelnya dipilih berdasarkan metode persentase, dengan taraf persentase sebesar 20% sehingga sampelnya sebanyak 23 orang yaitu 3 dari aparatur Desa, 20 dari pedagang pasar Simpang Agung. Selain populasi dan sampel dalam penelitian ini juga memerlukan data-data yang valid, pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif.

Temuan Utama: Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa manajemen pengelolaan Pasar Tradisional Simpang Agung tergolong kurang baik jika dilihat dari aspek penyediaan infrastruktur, perbaikan sarana dan prasarana Pengelolaan yang kurang baik menimbulkan pengaruh terhadap pendapatan pedagang kecil dalam hal yang negatif, serta dalam pandangan Ekonomi Islam manajemen pengelolaan pasar tradisional Simpang Agung belum sejalan dengan anjuran Ekonomi Islam dikarenakan didalamnya belum memiliki sifat dan prinsip-prinsip ekonomi Islam, antara lain prinsip kejujuran, persaingan yang sehat, dan keterbukaan. Apa yang dilakukan oleh pihak pengelola pasar tradisional Simpang Agung, Desa Simpang Agung, Lampung Tengah bertentangan dengan prinsip ekonomi Islam.

Keterbaruan/Keaslian penelitian: Hasil penelitian bermanfaat memberikan sumbangan pemikiran atau memperkaya konsep-konsep, teori-teori terhadap ilmu pengetahuan mengenai manajemen pengelolaan pasar tradisional dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi lapisan masyarakat luas mengenai pasar tradisional, dan juga sebagai acuan bagi kalangan mahasiswa atau bagi penulis lainnya yang akan melakukan ataupun yang akan melanjutkan penelitian sesuai dengan judul skripsi ini.

References

Winardi, Pengantar Ilmu Ekonomi. Cetakan Ketujuh (Bandung: PT. Raja Grafindo Persada, 2002), h. 130

Philip Kotler & A.B Susanto, Manajemen Pemasaran Di Indonesia analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (Jakarta: Salemba Empat, 2000), buku 1, h. 11. 9

Nur Faeni Ulyati, Strategi Pemasaran Pedagang Pasar Tradisional Dalam Perspektif Ekonomi Islam (semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo, 2015), h. 15.

Henry Faizal Noor, Ekonomi Publik (Padang: Akademi Permata, 2013), h. 102

Sadono Sukirno, Mikro Ekonomi (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013) Edisi Ketiga, h. 422

Ain Rahmi, Mekanisme Pasar Dalam Islam (Pontianak: IAIN Pontianak, 2015), h. 182

Edwin B.Flippo. Loc. Cit

Stephen P. Robbins, Mary Colter. Loc. Cit

Nahdliyul Izza, Pengaruh Pasar Modern Terhadap Perdagangan Pasar Tradisional (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2011), h. 40.

Much. Nashiruddin, Dampak Keberadaan Indomaret Terhadap Pendapatan Pedagang Kelontong Di Pasar Cuplik Kecamatan Sukoharjo (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012), h. 20.

Yusuf Pratama, Penerapan Manajemen Resiko Penggunaan Ruko Terhadap Dampak Revitalisasi (Pembangunan) Pasar Tradisional Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam, IAIN Raden Intan Lampung: 2016) h.70

Peraturan tata laksana Pasar Simpang Agung Nomor 4 tahun 2008

H. Moh. Pabundo Tika, Metodelogi Riset Bisns ( Jakarta: Bumi Aksara, 2006), h.10

Published
2020-05-31
How to Cite
[1]
I. Superti, “Analisis Manajemen Pengelolaan Pasar Tradisional Guna Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kecil Dalam Perspektif Ekonomi Islam”, Jo. Soc. Know. Ed, vol. 1, no. 2, pp. 47-51, May 2020.
Section
Articles