Inisiasi Konstruksi Rekonstruksi Aplikasi Dan Refleksi (IKRAR): Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Materi Hidrolisis Garam

  • Queen Tri Reski Universitas Jambi

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan model IKRAR akan menghasilkan siswa yang memiliki kompetensi berfikir  tingkat tinggi yang lebih baik dari pada model pembelajaran pemecahan masalah tanpa model IKRAR.

Metodologi: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan pertimbangan sulitnya pengontrolan terhadap semua variabel yang mempengaruhi variabel yang sedang diteliti. Dengan pola nonequivalent control group design (pretest-postest yang tidak ekuivalen).

Temuan utama: Hasil dari analisis data yang dilakukan terhadap hasil tes awal dan tes akhir, didapat thitung = 2,55 dan ttabel = 1,671; dengan ơ = 5% dan dk =   karena thitung > ttabel, sesuai kriteria pengujian maka Ha diterima. Dimana diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen pada saat tes awal adalah 26,11 sementara nilai rata-rata pada kelas kontrol pada saat tes awal adalah 25,83. Sementara itu, nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen saat tes akhir adalah 71,62.

 

Keterbaruan penelitian: Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model IKRAR dengan model DI pada siswa kelas XI IPA SMA Islam Al-Falah Jambi dalam materi hidrolisis garam, dimana hasil belajar siswa yang menggunakan model IKRAR lebih baik daripada model DI. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata peningkatan antara tes kemampuan awal (pretest) dan tes kemampuan akhir (posstest) hasil belajar siswa, yaitu di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai tes akhir siswa di kelas kontrol

References

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Kencana: Jakarta

Sudjana.1987. Dasar-dasar Proses Mengajar.Sinar Baru Algensindo : Bandung

Riduan. 2007. Cara Mudah belajar Meneliti untuk Peneliti Pemula,Guru, dan

Wahyudin, Dinn. 2007. Pengantar Pendidikan.Universitas Terbuka: Jakarta

Winataputra, U,S. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Universits Terbuka: Jakarta

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Published
2021-10-31
How to Cite
[1]
Q. T. Reski, “Inisiasi Konstruksi Rekonstruksi Aplikasi Dan Refleksi (IKRAR): Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Materi Hidrolisis Garam”, Jor. Eva. Edu, vol. 2, no. 4, pp. 148-153, Oct. 2021.
Section
Articles