Deskripsi Berpikir Kritis Siswa Berdominansi Gaya Belajar Kinertetik pada Pemecahan Masalah Matematika Berstandar Trend International Mathematic And Sains Study (TIMSS) di SMP IT Nurul Ilmi Kota Jambi

  • Ana Ria Gustina Universitas Jambi

Abstract

Tujuan penelitian: Siswa kinestetik adalah siswa yang belajar dengan cara bergerak dan berorientasi pada fisik. SMP IT Nurul Ilmi memberikan kebebasan bergerakkepada siswanya dalam belajar di dalam kelas.Secara eksplisit anak kinestetik akan sulit dalam berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berpikir kritis siswa berdominansi gaya belajar kinestetik pada pemecahan masalah matematika berstandar TIMSS dan gambaran ciri-ciri anak kinesetetik dalam belajar.

Metodologi: Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa berdominansi gaya belajar kinestetik di kelas VIII B dan VIII C SMP IT Nurul Ilmi Kota Jambi. Hal yang dianalisis dalam penelitian ini adalah berpikir kritis siswa berdominansi gaya belajar kinestetik pada pemecahan masalah matematika berstandar Trend International Mathematic and Science Study (TIMSS) pada materi geometri dan gambaran anak kinestetik dalam belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, tes kuisioner, lembar tugas pemecahan masalah matematika, lembar observasi di dalam kelas, rekaman wawancara, dan dokumentasi.

Temuan utama:Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir kritis pada siswa berdominansi gaya belajar kinestetik masih belum maksimal. Terlihat pada indikator memberikan penjelasan sederhana 35,08%, dimana subjek penelitian belum tepat menjelaskan informasi dari soal TIMSS yang disajikan secara tertulis. Indikator membangun keterampilan dasar 19,08% belum tepat memahami hal yang dipergunakan untuk menyelesaikan soal TIMSS. Indikator menyimpulkan 43,75% perlu ada peningkatan keterampilan pada komponen proses pengoperasian hitung dalam memecahkan masalah matematika. Indikator memberikan penjelasan lanjut dan mengatur strategi 31,83% melakukan pengecekn dengan menjawab soal pengecekan dilembar jawaban. Ciri-ciri siswa berdominansi gaya belajar kinestetik adalah tulisan tangan tidak rapi 64,44%, menggunakan jari sebagai penunjuk membaca 88,88%, berbicara perlahan 91,11%, sulit duduk diam 95,55%, menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian 82,88%, mendekatkan diri ke lawan bicara 84,44%, membaca dan menghafal dengan berjalan dan melihat 57,77%, hampir selalu melakukan gerakan tubuh 95,55%, mengetuk-ngetuk meja dengan pena saat guru menjelaskan 86,66%, menggunakan kata “rasanya, lakukan” 15,55%, memberikan tanda pada info penting 53,33%, meniru peragaan 4,44%, merekan informasi dengan pemetaan pikiran 0%.

References

DePorter, B dan Hernacki, M. “Quantum Learning. (Edisi Terjemahan Alwiyah Abdurrahman),” Bandung: Mizan Pustaka, 2006.

Rahayu, Suci, dkk. “Keterkaitan Berpikir Kritis dengan Gaya Belajar Siswa di SMP 7 Semarang, 2013.

G. Schraw., & J. Nietfeld, “A further test of the general monitoring skill hypothesis,” Journal of Educational Psychology, vol. 90, no. 2, pp. 236, 1998.

M. M. Sir. “Tipologi Geometri: Telaah Beberapa Karya Frank L. Wright Dan Frank O. Gehry (Bangunan Rumah Tinggal Sebagai Obyek Telaah),” RONA Jurnal Arsitektur FT-Unhas, vol. 2, no. 1, pp. 70-71, 2005.

Moleong, J. “Metode Penelitian Kualitatif,” Bandung: PT Rosda karya, 2007.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D,” Bandung : Alfabeta, 2011.

D. Bobbi. “Quantum Teaching: Orchestrating Student Success.” Bandung: Kaifa, 2010

Published
2021-07-31
How to Cite
[1]
Ana Ria Gustina, “Deskripsi Berpikir Kritis Siswa Berdominansi Gaya Belajar Kinertetik pada Pemecahan Masalah Matematika Berstandar Trend International Mathematic And Sains Study (TIMSS) di SMP IT Nurul Ilmi Kota Jambi”, Jor. Eva. Edu, vol. 2, no. 3, pp. 90-95, Jul. 2021.
Section
Articles