Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar

  • Daud Daud Universitas Jambi
  • Yanuar Triadi Universitas Jambi
Keywords: Cinta Tanah Air, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran terhadap bagaimana implementasi pendidikan karakter cinta tanah di sekolah dasar.

Metode Penelitian: Penelitian ini berupa kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini akan menggambarkan sebuah kondisi dengan penjabaran dan uraian yang mendetail.

Temuan Utama: Pelaksanaan pendidikan karakter religius, cinta tanah air, disiplin sudah berjalan dengan baik sesuai sebagaimana yang diharapkan. Namun perlu ada beberapa perbaikan lagi, seperti RPP yang dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pendidikan karakter ini. Penulisan RPP lebih diperbaiki lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Karena melalui RPP bisa mewujudkan pendidikan karakter yang religius pada siswa, sesuai dengan model pembelajarannya yaitu, keteladanan, pembinaan disiplin, CTL pembiasaan bermain peran, serta pembelajaran yang partisipatif. Dalam implementasi pendidikan karakter  dalam pelaksanaannya telah berjalan dengan baik, karena guru membrikan pengetahuan karakter sesuai yang dibutuhkan oleh siswa. Keberhasilan pelaksanaan ini akan terlihat ketika proses pembelajaran dimulai, seperti ketika masuk kelas, proses belajar, jam istirahat, serta kegiatan pembelajaran lainnya. Untuk membina karakter cinta tanah air guru bisa menanamkannya melalui materi-materi pelajaran yang sedang diajarkan, selain itu juga melalui perbuatan dan kegiatan keseharian yang berkaitan dengan pengembangan sikap spontan, keteladanan dan yang mencerminkan karakter cinta tanah air di dalam kelas.

Keterbaruan Penelitian: Keterbaruan dalam penelitian ini berupa menggambarkan bagaimana implementasi pendidikan karakter cinta tanah air untuk siswa sekolah dasar.

Author Biography

Daud Daud, Universitas Jambi

 

 

References

A. Sudrajat, “Mengapa pendidikan karakter?,” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 1, no. 1, 2011.

H. Gunawan, “Pendidikan karakter,” Bandung: alfabeta, 2012.

C. Z. Harun, “Manajemen pendidikan karakter,” Jurnal pendidikan karakter, vol. 4, no. 3, 2013.

S. H. Hasan, “Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter,” Paramita: Historical Studies Journal, vol. 22, no. 1, 2012.

N. T. Atika., H. Wakhuyudin., dan K. Fajriyah, “Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter membentuk karakter cinta tanah air,” Mimbar Ilmu, vol. 24, no. 1, pp. 105-113, 2019.

H. Ainissyifa, “Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam,” Jurnal Pendidikan UNIGA, vol. 8, no. 1, pp. 1-26, 2017.

M. Khusniati, “Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 1, no. 2, 2017.

S. Atika, “Pelaksanaan pendidikan karakter (religius, cinta tanah air dan disiplin) di SLB Al Ishlaah Padang,” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, vol. 3, no. 3, 2014.

N. Karim, “Pendidikan karakter,” Shautut Tarbiyah, vol. 16, no. 1, pp. 69-89, 2010.

A. Jalil, “Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter,” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, no. 2, pp. 175-194, 2016.

N. Aprilina., T. Fauziah., dan M. H. A. M. H. Affan, “Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Pembelajaran IPS Di Gugus 25 SDN 2 Mata IE Aceh Besar,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 2, no. 3, 2017.

A. J. Mahardhani, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal Berkarakter Cinta Tanah Air,” JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), vol. 3, no. 2, pp. 56-63, 2018.

S. D. Ardianti., S. Wanabuliandari., dan M. Kanzunnudin, “Implementasi Pembelajaran Berbasis Ethno-Edutainment Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar,” Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 9, no. 2, 2019.

C. T. S. Rokhani, “Mewujudkan Peserta Didik Berkarakter Indonesia Melalui Peningkatan Penanaman Cinta Tanah Air: Best Practice Di SD Negeri Dengkek 01 Pati,” Journal of Industrial Engineering & Management Research, vol. 1, no. 2, pp. 57-75, 2020.

R. Gunawan., S. Suyitno., dan S. Supriyadi, “Nilai Pendidikan Karakter Religius dan Cinta Tanah Air Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi,” AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, vol. 23, no. 2, pp. 339-366, 2018.

R. D. Utami., I. N. Sari., dan S. Melindayani, “Generasi Berkarakter Dengan Mocita (Monopoli Cinta Tanah Air) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Karakter Pada Diri Anak Sekolah Dasar,” Jurnal PENA: Penelitian dan Penalaran, vol. 4, no. 2, pp. 825-833, 2017.

T. Transinata, “Integrasi Pendidikan Cinta Tanah Air dalam Kurikulum Tersembunyi Berbasis Karakter Kebangsaan,” PHILANTHROPY: Journal of Psychology, vol. 1, no. 1, pp. 47-64, 2018.

A. Lismawati., D. Damanhuri., R. A. Pribadi., dan. Z. R. Hakim, “Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sdit Al-Muhajirin,” Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 9, no. 1, pp. 74-89, 2022.

Published
2021-01-31
How to Cite
[1]
D. Daud and Y. Triadi, “Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar”, J. Bs. Edu. R, vol. 2, no. 1, pp. 15-19, Jan. 2021.
Section
Articles