Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini

  • Syarbaini Syarbaini MTSN Al-Hidayah Talang Kerinci
  • Yanuar Triadi Universitas Jambi
Keywords: Nilai Agama, Siswa, Usia Dini

Abstract

Tujuan Penelitian: Melihat semakin banyaknya kejahatan yang ada pada saat ini, perlu adanya cara untuk mengatasi dan meminimalisir hal tersebut. Salah satunya adalah dengan menanamkan nilai-nilai agama islam pada anak sejak kecil. Dengan adanya lembaga PAUD diharapkan mampu menjadi alat dalam penanaman nilai-nilai islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai-nilai agama islam melalui lembaga pendidikan anak usia dini.

Metode Penelitian: Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data yang ingin diperoleh, peneliti menggunakan jenis data primer dan sekunder yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi.

Temuan Utama: Berdasarkan hasil temuan dilapangan, dapat disimpulkan bahwa PAUD ANNISA sudah menerapkan setiap kegiatan yang dilaksanakan berbasis nilai-nilai islam. Gambaran secara umumnya dapat dilihat melalui visi dan misi yang ada di PAUD tersebut yaitu membentuk anak yang cerdas, mandiri, dan berakhlak mulia dalam mewujudkan anak mandiri dan bertaqwa.

Keterbaruan Penelitian: Dengan penanaman nilai-nilai islam dalam pendidikan PAUD diharapkan bisa menumbuhkan insan yang cerdas dan bertaqwa. Kejahatan yang terjadi akhir-akhir ini menandakan bahwa semakin lunturnya nilai-nilai agama pada seseorang, untuk itu pentingnya menanamkan nilai-nilai agama islam pada usia dini dirasa sangat perlu  dengan melalui lembaga PAUD.

References

A. Amin. Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, Vol. 16, No. 1, 106–125, 2018.

Suryani, R. S., dan Nugroho, G., “Meningkatkan pemahaman konsep sejarah agama Islam melalui strategi Indexii Card Match di kelas xii MA Syifa’ul Qulub,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), Vol. 1, No. 1, pp. 28-47, February 2020.

Ananda, Rizki. “Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1, No. 1. 2017.

Alimni, A. Analisis Sosiologi Perubahan Kurikulum Madrasah 2013. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 17(2), 181-190. 2018.

Amin, A., Metode & Model Pembelajaran Agama Islam, Bengkulu: Vanda Marcom, 2015.

Rohman, F., “Pembelajaran Fiqih Berbasis Masalah Melalui Kegiatan Musyawarah Di Pondok Pesantren Al-

A. S. Rembang,” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 11, pp. 179-200, 2017.

Mukhliso., “Strategi guru pendidikan agama Islam untuk menanamkan pendidikan karakter religius di sekolah dasar,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), Vol. 1, No. 1, pp. 64-68, February 2020.

P. Aan dan Haryanto., “Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik ( E-Book ) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Semarang,” Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik ( E-Book ) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan Sma Negeri 1 Semarang, vol. 2 no. 2, pp. 1-9, 2013

Syamsuri., “Penggunaan metode STAD untuk meningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam,” Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), Vol. 1, No. 1, pp. 1-8, 2020.

Adrian, Y. P., Wijono, S., dan Hunga, I. R., “Suatu Kajian Kepustakaan Kekerasan Dalam Berpacaran Yang Dialami Siswa Dalam Perspektif ACT,” Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 8, No. 2, pp. 181-189, 2019.

Fachri, M., “Urgensi pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter bangsa,” At-Turas, Vol. 1, No. 1, pp. 131-168, 2014.

Alimni., “Globalisasi sebagai keniscayaan dan reorientasi pendidikan pesantren,” At-Ta’lim, Vol. 16, No. 2, pp. 289-308, 2017.

Published
2021-01-31
How to Cite
[1]
S. Syarbaini and Y. Triadi, “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini”, J. Bs. Edu. R, vol. 2, no. 1, pp. 20-23, Jan. 2021.
Section
Articles