Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran di Kelas

  • Leni Iryanti Universitas Jambi
Keywords: Guru, Karakter, Pemberlajaran, Strategi

Abstract

Purpose of the study: Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian dalam ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin dalam pembelajaran di sekolah pada siswa kelas IV SD Negeri 55/ I Sridadi.

Methodology: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas social, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok

Main Findings: strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sudah tepat. Hal ini terlihat dari hasil wawancara yang menunjukkan bahwa guru mampu menanamkan nilai-nilai karakter seperti kedisplinan. Pelaksanaan disiplin sebelumnya telah disosialisasikan, kemudian guru yang mendorong siswa untuk selalu disiplin. Mengajarkan kebiasaan baik juga menjadi salah satu strategi untuk guru. Guru juga telah menerapkan teladan yang baik disertai dengan konsistensi yang baik. Slain itu diskusi juga menjadi metode yang dikedepankan oleh guru, hal ini bertujuan untuk membantu persoalan siswa dan memberikan bimbingan kepada siswa yang kurang aktif menjadi aktif dan berani memberikan penjelasan yang benar. Dalam pembuatan peraturan, guru terlebih dahulu membuat identifikasi dan memutuskannya melalui musyawarah.

Novelty/Originality of this study: keterbaruan dalam penelitian ini adalah strategi guru dalam menanamkan nilai karakter di sekolah dasar.

References

[1] Kemendiknas. 2010. Materi Pelatihan Guru; Implementasi
[2] Kurikulum 2013. Jakarta. Kurniawan. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: UNNES.
[3] Kurniawan. Samsul. 2013. Pendidikan Karakter. AR. RUZ Media.
[4] Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta.
[5] Udin. 2000. Administrasi Pendidikan. Bandung Angkasa
[6] Gerungan. 2007. Filsafat Pendidikan Islam,Jakarta: Ciputat Pers
[7] Moelong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya
[8] Depdiknas. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta
[9] Wiyani. Novan Atrdy. 2013. Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Kejujuran Melalui Kantin Kejujuran. Dalam Dialektika, Prodi PGSD. VOL 1 NO. 1 SEP –DES 2013. Wwwberita8.com
Published
2020-12-31
How to Cite
[1]
L. Iryanti, “Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran di Kelas”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 1, no. 6, pp. 151-155, Dec. 2020.
Section
Articles