Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pokok Bahasan Lingkungan Alam dan Buatan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Struktural

  • Siti Komariyah STAIN Salatiga
Keywords: cooperative learning, Prestasi Belajar, IPS

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe struktural di SDN Randuacir 01 Salatiga.

Metode:Metode pada penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi dan tes.Instrumen pengumpulan data yangdigunakan yaitu lembar observasi dan soaltes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan memberikan nilai untuk setiap jawaban per item soal dari soal yang telah diberikan kepada respoden, dan dari skor observasi yang diniai oleh obsever, kemudian dianalisis per siklus untuk melihat perbandingan nilai yang dicapai.

Temuan Utama: Hasil dari penelitian ini memperlihatkan peningkatan partisipasi, kerjasama, bertanya dan menjawab yang menggambarkan tingginya minat siswa, peningkatan penguasaan siswa pada setiap siklus, yaitu pada siklus I ketuntasan belajar adalah 41,67%. Pada siklus II tercatat ketuntasan belajar mencapai 66,67%, dan pada siklus III tingkat ketuntasan belajar mencapai 100% sehingga mencapai kriteria ketuntasan ideal kelas. Peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II yaitu 25%.Siklus II ke siklus III yaitu 33,33%, persentase dari siklus I ke siklus III adalah 66,67% dan persentase dari pra siklus ke siklus III yaitu 75%. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Kebaruan/Keaslian dari Penelitian:Dapat menambah ilmu pengetahuan dalam pendidikan mengenai penerapan model pembelajaran koooperatif metode struktural dalam meningkatkan prestasi siswa khususnya mata pelajaran IPS dan sebagai bahan pengembangan dan kajian terhadap teori-teori belajar serta sebagai masukan dan dasar pemikiran guru dan calon guru untuk dapat memilih metode yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar sesuai dengan pokok bahasan yang dibahas.

References

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. EDISI, 3(2), 312-325.

Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65-74.

Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Hendrilia, Y. (2021). Peran Guru PAK sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 1(2), 124-143.

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50-54.

Ratri, S. Y. (2022). Digital Storytelling pada pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Pena Karakter, 4(2).

Andriani, I. D., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tebak Kata Pada Materi Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 9(2), 65-71.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal papeda, 4(1).

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.

Utari, E. S. (2019, October). Peran Model Pembelajaran Think Talk Write Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 794-801).

Published
2022-08-31
How to Cite
[1]
S. Komariyah, “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pokok Bahasan Lingkungan Alam dan Buatan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Struktural”, Jo. Soc. Know. Ed, vol. 3, no. 3, pp. 64-68, Aug. 2022.
Section
Articles