Peran Guru Pai Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Pada Siswa Smp Negeri 1 Nusa Tabukan Kabupaten Kepulauan Sangihe

  • Aribani Janis IAIN Manado
Keywords: Guru, Kenakalan Remaja

Abstract

Tujuan Penelitian: untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remajapada siswa SMP Negeri 1 Nusa Tabukan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Metodologi: tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kecamatan Nusa Tabukan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Data diperoleh dari wawancara, diman aprosedur pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan dilanjutkan dengan metode wawancara/interview, analisis data menggunaka metode deskriptif, deduktf, dan induktif

Temuan Utama: Mengenai kenakalan terjadi di SMP Negeri 1 Nusa Tabukan, setiap peserta didik masing-masing memiliki kenakalan yang berbeda-beda, tetapi pada umumnya jenis kenakalan yang ada meliputi peserta didik sering terlambat ke sekolah, bolos di jam pelajaran dan tidak hadir tanpa keterangan atau alpa. Selain itu jarak rumah dan sekolah sangat jauh sehingga menyebabkan siswa terlambat masuk ke sekolah.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Penelitian ini termasuk penelitian studikasus yang meneliti tentang bagaimana peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remaja pada Siswa SMP Negeri 1 Nusa Tabukan dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam menanggulangi kenakalan remaja pada peserta didik di SMP Negeri 1 Nusa Tabukan.

References

[1] Diananda, Amita, “Psikologi remaja dan permasalahannya”, ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 1.1 116-133, 2019.
[2] Aisyaroh, Noveri, S. P. P. D. I. Kebidanan, and F. I. K. Unissula. "Kesehatan Reproduksi Remaja." Jurnal Majalah Ilmiah Sultan Agung. Universitas Sultan Agung, 2010.
[3] Karlina, Lilis. Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1.1: 147-158, 2020.
[4] E. B. Surbakti, Kenakalan orang tua penyebab kenakalan remaja. Elex Media Komputindo, 2013.
Published
2020-12-31
How to Cite
[1]
A. Janis, “Peran Guru Pai Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Pada Siswa Smp Negeri 1 Nusa Tabukan Kabupaten Kepulauan Sangihe”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 1, no. 4, pp. 121-125, Dec. 2020.
Section
Articles