Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran Fiqih

  • Rizal Dwi Agustan IAIN TulungAgung
Keywords: Model Pembelajaran, Pelajaran Fiqih, Siswa

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MAN ١ Tulungagung.

Metodologi: metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan sampel penelitian yaitu guru mata pelajaran fiqih kelas XI di MAN ١ Tulungagung.adapun instrumen yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancaa dan dokumentasi.

Temuan Utama: hasil penelitian ini menunjukan Proses pelaksanaan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran fiqih kelas 2 di MAN 1 Tulungagung didukung dengan metode pembelajaran Jigsaw dan Role Playing merupakan metode yang sesuai untuk mewujudkan PAKEM.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: keterbaruan penelitian ini fokus pada model pembelajaran aktif, kreatif, dan efektif pada pembelajaran fiqih

References

[1] Taubah, Mufatihatut. "Pendidikan anak dalam keluarga perspektif Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 3.1, 2015: 109-136.
[2] Arif, Abdul. "Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Secara Formal Pada Masyarakat Nelayan Terpencil Tanah Kuning." Jurnal Uhamka (2019): 75-84.
[3] Malik, Abdul, S. Narimo. "Implementasi pendidikan agama Islam berbasis masyarakat di Temanggung." Profetika: Jurnal Studi Islam, 19.1, 2019
[4] Saidah, Lilik, Benny Prasetiya, and Heri Rifhan Halili. "Peranan Keluarga Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (Desa Sumberkare Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo)." IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman 6.1 2022, pp 1-8.
Published
2020-09-30
How to Cite
[1]
R. D. Agustan, “Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran Fiqih”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 1, no. 3, pp. 101-105, Sep. 2020.
Section
Articles