Pengaruh Partisipasi Masyarakat, Akuntabilitas dan Transparansi Kebijakan Publik Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

  • Hamsinar Hamsinar Universitas Islam Negeri Alauddin
Keywords: Akuntabilitas, Kebijakan Publik, Partisipasi Masyarakat, Sistem Pengadilan Intern, Transparansi

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partisipasi masyarakat, akuntabilitas dan transparansi kebijakan publik terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dengan sistem pengendalian intern sebagai variabel moderasi di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pinrang.

Metodologi:Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer yang dikumpulkan melalui survei kuesioner secara langsung. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderating dengan pendekatan nilai selisih mutlak. Analisis regresi linear berganda untuk hipotesis partisipasi masyarakat, akuntabilitas dan transparansi kebijakan publik terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Analisis regresi linear berganda dengan uji nilai selisih mutlak untuk hipotesis partisipasi masyarakat, akuntabilitas dan transparansi kebijakan publik terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yang dimoderasi oleh sistem pengendalian.

Temuan Utama: Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan, dan akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan transparansi kebijakan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Analisis variabel moderating dengan pendekatan nilai selisih mutlak menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern tidak memoderasi partisipasi masyarakat terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, dan sistem pengendalian intern mampu memoderasi akuntabilitas terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, dan sistem pengendalian intern mampu memoderasi transparansi kebijakan publik terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Keterbaruan dari penelitian ini adalah bahwa partisipasi masyarakat, akuntabilitas, dan transparansi kebijakan publik secara positif dan signifikan mempengaruhi kualitas laporan keuangan pemerintah daerah di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pinrang. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern memiliki peran moderating yang berbeda terhadap variabel-variabel tersebut.

References

[1] E. Sari Zayadi, “Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) Pengaruhnya Terhadap Akuntabilitas Pendapatan Pajak Daerah (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung).” Universitas Komputer Indonesia, 2010.
[2] R. A. Anisa, “Pelaksanaan Good Governance Pada Pemerintahan Nagari (Studi Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi Dalam Perencanaan Pembangunan Nagari di Nagari Simarasok Kabupaten Agam).” Universitas Andalas, 2013.
[3] J. Pramono, “Analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja keuangan pemerintah daerah (Studi Kasus pada pemerintah Kota Surakarta),” Among Makarti, vol. 7, no. 1, pp. 83–112, 2014, doi: http://dx.doi.org/10.52353/ama.v7i1.97.
[4] L. Patu, “Implementasi Kebijakan Manajemen Keuangan Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Mamuju Utara,” Katalogis, vol. 4, no. 2, 2016.
[5] M. C. Jensen and W. H. Meckling, “Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure,” J. financ. econ., vol. 3, no. 4, pp. 305–360, 1976.
[6] A. Adrianti, S. Sumarlin, and P. H. Anwar, “Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Dengan Sistem Pengendalian Internal Sebagai Variabel Moderasi Di Kabupaten Gowa,” Income J. Accounting, Manag. Econ. Res., vol. 2, no. 1, pp. 33–44, 2023.
Published
2022-06-30
How to Cite
[1]
H. Hamsinar, “Pengaruh Partisipasi Masyarakat, Akuntabilitas dan Transparansi Kebijakan Publik Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 3, no. 4, pp. 85-90, Jun. 2022.
Section
Articles