Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

  • Hamzah Hamzah Universitas Islam Negeri Alauddin
Keywords: Hasil Belajar, Minat, Motivasi

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar murid di SDN No. 52 Lerekang dan juga untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar murid di SDN No. 52 Lerekang.

Metodologi:Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni berupa kata-kata, gambaran dan bukan angka-angka. Sumber data sekaligus informan adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama islam (PAI) serta pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini bila diperlukan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yakni dengan melalui observasi, interview serta dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data diskriptif kualitatif.

Temuan Utama: Adapun hasil dari penelitian ini adalah upaya guru pendidikan agama islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar sudah dilaksanakan di SDN No. 52 Lerekang dengan baik, hal ini dapat dilihat dari peran guru yang terlibat langsung kepada siswa akan motivasi belajar di SDN No. 52 Lerekang. Maka dari itu peneliti berkesimpulan bahwa motivasi yang diberikan guru SDN No. 52 Lerekang menjadi 3 (tiga) jenis motivasi : Motivasi Tinggi, Motivasi Sedang, dan Motivasi Rendah. Untuk faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana yang lengkap, lingkungan yang aman dan nyaman, tenaga pengajarnya yang profesional, dan adanya dukungan dan kerjasama dari guru-guru non agama islam.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Keterbaruan dalam penelitian ini adalah bahan kajian dan pengembangan bagi lembaga pendidikan tingkat sekolah dasar dalam membantu kepala sekolah dan guru guna meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran agama.

References

[1] S. F. S. Sirate and M. Yaumi, “Perspektif belajar sebagai landasan psikologis dalam pengembangan media dan teknologi pembelajaran,” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, vol. 20, no. 1, pp. 98-111, 2017.
[2] R. Zaini, “Studi Atas Pemikiran BF Skinner Tentang Belajar,” TERAMPIL: jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar, vol. 1, no. 1, pp. 118-129, 2014.
[3] H. Jaya, “Pengembangan laboratorium virtual untuk kegiatan paraktikum dan memfasilitasi pendidikan karakter di SMK,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 2, no. 1,2012.
[4] R. Setiawan, “Peran Pendidik dalam Mengatasi Permasalahan Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik,” El-Tarbawi, vol. 12, no. 1,2019.
[5] H. Ruwaida, “Proses kognitif dalam taksonomi bloom revisi: analisis kemampuan mencipta (c6) pada pembelajaran fikih di MI miftahul anwar desa banua lawas,” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah,vol. 4, no. 1, pp. 51-76, 2019.
[6] T.Nabillah andA. P. Abadi, “Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa,” Prosiding Sesiomadika, vol. 2, no. 1c, 2020.
[7] U.Saharsa, M. Qaddafi, andB. Baharuddin, “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika,” JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, vol. 6, no. 2, pp. 57-64, 2018.
Published
2022-12-31
How to Cite
[1]
H. Hamzah, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 3, no. 4, pp. 81-84, Dec. 2022.
Section
Articles