Pengaruh Kepemimpinan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa

  • Hasnia Hasnia Universitas Islam Negeri Alauddin
Keywords: Kepemimpinan, Pendidikan, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepemimpinan orang tua siswa di SMP Negeri 1 Sungguminasa, untuk mengetahui gambaran prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Sungguminasa, dan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Sungguminasa.

Metodologi:Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu kepemimpinan orang tua ( X ) dan prestasi belajar pendidikan agama islam ( Y ). Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII yang berjumlah 454 orang dan sampel yang digunakan 45 siswa di SMP Negeri 1 Sungguminasa yang diambil melalui teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian adalah pedoman angket kepemimpinan orang tua siswa dan nilai prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Sungguminasa.

Temuan Utama: Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan gambaran kepemimpinan orang tua siswa berada pada kategori sedang dengan presentase 64,44 %, dan gambaran prestasi belajar Pendidikan Agama Islam berada pada kategori sedang dengan presentase 66,67 %. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai thitung= 5,91 ≥ ttabel = 2,021 dengan taraf signifikan 5%, demikian terdapat pengaruh kepemimpinan orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agaman Islam siswa di SMP Negeri 1 Sungguminasa.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Keterbaruan dalam penelitian ini adalah bahan kajian dan pengembangan bagi lembaga pendidikan tingkat sekolah dasar dalam membantu kepala sekolah dan guru guna meningkatkan prestsi belajar siswa dalam proses pembelajaran agama.

References

J. Subianto, “Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas,” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 8, no. 2, 2013.

S. Y. Sari, “Eksistensi keluarga dalam pembentukan karakter anak usia dini” Primary Education Journal (PEJ),vol. 3, no. (1),2019.

A. Purba, “Tanggung Jawab Orang Tua Kristen Dalam Mendidikan Anak Menyikapi Pandemi Covid-19,” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani, vol. 4, no. 1, pp. 86-97, 2020.

H. E. Mulyasa, Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Jakarta Timur: Bumi Aksara, 2021.

R. D. Rahayu andW. Wigna, “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat terhadap Persepsi Gender Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan (Kasus Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam TAZKIA Tahun Masuk 2009),” Jurnal Penyuluhan, vol. 6, no. 2, 2010.

W. Bintoro, “Hubungan self regulated learning dengan kecurangan akademik mahasiswa,” Educational Psychology Journal, vol. 2, no. 1, 2013.

M. N. M. Ediyanto and N. Satyahadewi, “Pengklasifikasian Karakteristik Dengan Metode K-Means Cluster Analysis,” Bimaster: Buletin Ilmiah Matematika, Statistika dan Terapannya, vol. 2, no. 02, 2013.

Published
2022-12-31
How to Cite
[1]
H. Hasnia, “Pengaruh Kepemimpinan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 3, no. 4, pp. 77-80, Dec. 2022.
Section
Articles