Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam

  • Mia Hartati IAIN Bengkulu
Keywords: Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Usaha Guru

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan motivasi belajar PAI pada siswa SMPN 01 Pondok Kelapa, (2) untuk mendeskripsikan usaha yang telah dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa SMPN 01 Pondok Kelapa, (3) untuk mendeskripsikan hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar PAI pada siswa SMPN 01 Pondok Kelapa.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisa data menggunakan Teori Miles dan Huberman yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan/verifikasi kesimpulan.

Temuan Utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 01 Pondok Kelapa adalah: (a) motivasi instrinsik yaitu dengan menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa, membentuk kebiasaan yang baik, membantu kesulitan belajar siswa, menggunakan metode yang bervariasi dan menggunakan media pembelajaran. (b) motivasi ekstrinsik yaitu dengan memberi angka, memberi hadiah, mengadakan kompetensi, mengetahui hasil, memberi pujian dan memberi.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Penelitian ini akan memberikan wawasan baru tentang pengembangan lingkungan pembelajaran yang memicu minat dan motivasi siswa serta solusi untuk meningkatkan hasil pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan

References

S. B. Djamarah and A. Zain, Guru Startegi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Rineka Cipta, 2006.

K. Kamid et al., "Process Skill and Student's Interest for Mathematics Learning: Playing a Traditional Games," Int. J. Instr., vol. 15, no. 3, pp. 967–988, 2022.

S. I. Barnadib, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Yogyakarta, Andi Ofset, 1993.

Z. Abidi, Kepribadian Muslim, Semarang, Aneka Ilmu, 1989.

M. D. W. Ernawati et al., "Evaluation of Students' Interest, Attitudes, and Science Process Skills in Science Subjects," J. Educ. Res. Eval., vol. 6, no. 1, pp. 181–194, 2022.

H. Gunawan, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung, Alfabeta, 2012.

M. D. Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2000.

R. S. Budiarti, D. A. Kurniawan, and S. Rohana, "A Comparison by Gender: Interest and Science Process Skills," J. Educ. Res. Eval., vol. 6, no. 1, pp. 88–97, 2022.

Muhaimin et al., Paradigma Pendidikan Islam, Bandung, Rosda Karya, 2001.

A. Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung, Remaja Rosdakarya, 1994.

N. Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam 2, Bandung, CV Pustaka Setia, 1997.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta, 2008.

R. Rohendi, Analisis Data Kualitatif, Jakarta, UI Press, 1992.

K. Kamid et al., "Cooperative Learning Model with Process Skills for Mathematics Learning in Elementary School," Int. J. Elem. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 58–68, 2022.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Jakarta, PT RajaGrafindo Persada, 2010.

S. Rohana et al., "Analisis Model Discovery Learning Terhadap Karakter Disiplin dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pelajaran Fisika," Dep. Pendidik. Mat. dan Pendidik. Biol. FKIP Univ. Wiralodra, vol. 3, no. 1, pp. 378–384, 2021.

S. Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Teoritis dan Praktis, Jakarta, Ciputat Pers, 1993.

S. B. Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, PT Rineka Cipta, 2005.

Zuhairini et al., Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya, Usaha Nasional, 1983.

H. Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, PT. Bumi Aksara, 2009.

H. B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta, Bumi Aksara, 2006.

Published
2022-09-30
How to Cite
[1]
M. Hartati, “Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 3, no. 3, pp. 48-51, Sep. 2022.
Section
Articles