Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Bagi Warga Binaan Di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Banjarnegara

  • Yessi Ragita Pramesti Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Kejahatan, Rumah Tahanan

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan wawasan lebih luas tentang Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi Warga Binaan yang dilaksanakan oleh Pembina di Rumah Tahanan Negara Klas IIB Banjarnegara.

Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Tahanan Negara Klas II B Banjarnegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Temuan Utama: Hasil penelitan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam meliput: Kegiatan membaca Iqro’, kegiatan BTA-PPI, kegiatan tadarus Al-Qur’an, kegiatan tausiyah.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Dapat dijadikan acuan bagi para pembaca maupun para penganalisis dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan Agama Islam yang akan mengkaji tentang pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi warga binaan di rumah tahanan.

References

W. Fitri, “Perempuan dan Perilaku Kriminalitas: Studi Kritis Peran Stigma Sosial Pada Kasus Residivis Perempuan,” Kafaah: Journal of Gender Studies, vol. 7, no. 1, pp. 67-78, 2017.

M. Iskarim, “Dekadensi moral di kalangan pelajar (revitalisasi strategi PAI dalam menumbuhkan moralitas generasi bangsa),” Edukasia Islamika, pp. 1-20, 2016.

S. S. Kusdi, “Peranan pola asuh orang tua dalam pembentukan karakter anak,” AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, vol. 1, no. 2, pp. 100-111, 2018.

W. Ridwan & O. M. M. A. Ladamay, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik di Sma Muhammadiyah 8 Cerme Gresik,” Tamaddun, vol. 21, no. 1, pp. 067-076, 2020.

I. Syafe'i, “Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter,” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, pp. 61-82, 2017.

Published
2022-06-30
How to Cite
[1]
Y. R. Pramesti, “Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Bagi Warga Binaan Di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Banjarnegara”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 3, no. 2, pp. 40-43, Jun. 2022.
Section
Articles