Hubungan Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar

  • Sardiati Halimah Hamdo Universitas Islam Negeri Alauddin
Keywords: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik, gambaran minat belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik, serta gambaran hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar.

Metodologi: Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 siswa yang diambil melalui teknik random sampling atau sampel acak. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar, skala minat belajar serta skala hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu analisis korelasi product moment dan korelasi ganda dengan uji-f.

Temuan Utama: Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk motivasi belajar diperoleh rata-rata 55,82 dengan kategori sedang, dari nilai ideal 80 diperoleh nilai terendah 67 dan nilai tertinggi 79 dan minat belajar diperoleh nilai rata-rata 54,84 dengan kategori sedang, dari nilai ideal 80 diperoleh nilai terendah 66 dan nilai tertinggi 79, serta hasil belajar pendidikan agama Islam diperoleh rata-rata 66,22 dengan kategori sedang dari nilai ideal 80 diperoleh nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 95 dan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar dan Jika koefisien korelasi diatas ingin diberlakukan ke populasi, maka harus menggunakan uji signifikan yaitu Fhitung>Ftabel (373,227 ≥ 2,1) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan pula.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: keterbaruan dalam penelitian ini adalah bahan kajian dan pengembangan bagi lembaga pendidikan tingkat sekolah dasar dalam membantu kepala sekolah dan guru guna meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran agama.

References

[1] A. Dian and A. Majid, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
[2] A.M. Saudiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali, 2009
[3] P. Jaya, Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo, 1979.
[4] Persada, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. II; Jakarta: CV. Rajawali, 2003.
[5] H. Martini and H. Nawawi, Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Cet. II; Yogyakarta: Dgajah Mada Univarsity Press: 1995.
[6] S. Hadi, Metodologi Research. Cet. I; Jakarta: UGM, 1986.
[7] S. Margono, Metode Penelitian Pendidikan. Cet. I; Jakarta : Reneka Cipta, 1997.
Published
2022-06-30
How to Cite
[1]
S. H. Hamdo, “Hubungan Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 3, no. 2, pp. 35-39, Jun. 2022.
Section
Articles