Nilai-Nilai Pendidikan Moral Dalam Novel Antara Cinta Dan Ridha Ummi Karya Asma Nadia

  • Wulan Salindri Winangsit Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Keywords: Karya Sastra, Krisis Moral, Pendidikan Moral

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan moral apa sajakah dalam novel Antara Cinta Dan Ridha Ummi karya Asma Nadia.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yakni dengan cara peneliti memahami isi buku tersebut dan mencatat tentang pendidikan moral yang ada dalam buku tersebut itu pula. Selain itu peneliti juga mencari buku-buku yang berkaitan tentang hel tersebut. Objek dari penelitian iniadalah novel Antara Cinta Dan Ridha Ummi karya Asma Nadia.

Temuan Utama: Hasil dari penelitian ini yaitu nilai pendidikan moral dalam novel Antara Cinta Dan Ridha Ummi karya Asma Nadia yakni mengenai moral atau akhlak manusia kepada Tuhan, manusia dengan sesama manusia serta manusia dengan diri sendiri dan yang berkaitan dengan hukum Islam.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Memberikan pemahaman kepada penulis dan pembaca tentang nilai-nilai pendidikan moral apa sajakah yang terkandung dalam novel Antara Cinta dan Ridha Ummi karya Asma Nadia.

References

N. Muspiroh, “Integrasi nilai Islam dalam pembelajaran IPA (perspektif pendidikan Islam),” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 28, no. 3, pp. 484-498, 2013.

A. Suradi, “Pendidikan Berbasis Multikultural dalam Pelestarian Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Globalisasi,” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, vol. 5, no. 1, pp. 111-130, 2018.

F. Firdaus, “Tarekat Qadariyah Wa Naqsabandiyah: Implikasinya Terhadap Kesalehan Sosial,” Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, vol. 12, no. 2, pp. 159-208, 2017.

A. Susilo & S. Sarkowi, “Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi” Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, vol. 2, no. 1, pp. 43-50, 2018.

I. Machali, “Dimensi kecerdasan majemuk dalam kurikulum 2013,” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, vol. 19, no. 1, pp. 21-45, 2014.

S. Suwartini, “Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan,” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, vol. 4, no. 1, 2017.

S. Syaparuddin & E. Elihami, “Peranan pendidikan nonformal dan sarana pendidikan moral,” Jurnal edukasi nonformal, vol. 1, no. 1, pp. 173-186, 2019.

A. K. Saragih, N. S. Manik & R. R. Y. B. Samosir, “Hubungan Imajinasi dengan Karya Sastra Novel,” Asas: Jurnal Sastra, vol. 10, no. 2, 2021.

Published
2022-03-31
How to Cite
[1]
W. S. Winangsit, “Nilai-Nilai Pendidikan Moral Dalam Novel Antara Cinta Dan Ridha Ummi Karya Asma Nadia”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 3, no. 1, pp. 16-19, Mar. 2022.
Section
Articles