Efektifitas Pembelajaran Pai Di Pkbm (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Marsudi Karya Beji Kedungbanteng Banyumas

  • Titi Indrawati Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Keywords: Pembelajaran Efektif, Pendidikan Agama Islam, Potensi Siswa

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran PAI pada Paket C Kelas XI di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Marsudi Karya Kedungbanteng.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Marsudi Karya Beji Kedungbanteng Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Temuan Utama: Efektifitas pembelajaran PAI KPC di PKBM Marsudi Karya Kedungbanteng Banyumas dapat dikatakan efektif karena apa yang menjadi tujuan dapat terlaksana yaitu dengan melihat hasil pekerjaan siswa yang ternyata semua dapat mencapai kkm yang telah ditentukan. Kemudian pada observasi kedua yaitu pada  pembelajaran belum dapat dikatakan efektif karena siswa hanya bisa memahami materi dan belum sampai praktek pelaksanaan perawatan jenazah

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran dalam semua mata pelajaran, khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

References

F. N. S. Damanik, “Menjadi masyarakat informasi,” Jurnal SIFO Mikroskil, vol. 13, no. 1, pp. 73-82, 2012.

H. Haerullah & E. Elihami, “Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal,” Jurnal edukasi nonformal, vol. 1, no. 1, pp. 199-207, 2020.

G. C. Kesuma, “Refleksi Model Pendidikan Pesantren dan Tantangannya Masa Kini,” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, vol. 2, no. 1, pp. 67-79, 2017.

A. F. Djollong, “Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Di Smp Muhammadiyah Parepare,” Jurnal Al-Ibrah, vol. 10, no. 2, pp. 17-38, 2021.

I. R. D. Nur, “Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning,” JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), vol. 4, no. 1, 2016.

A. Abdullah, “Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa,” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 1, no. 1, pp. 45-62, 2017.

A. Kahfi, “Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19,” Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, vol. 3, no. 2, pp. 137-154, 2020.

Published
2022-03-31
How to Cite
[1]
T. Indrawati, “Efektifitas Pembelajaran Pai Di Pkbm (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Marsudi Karya Beji Kedungbanteng Banyumas”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 3, no. 1, pp. 1-4, Mar. 2022.
Section
Articles