Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Pesereta Didik Kelas VII

  • Rusmina Rusmina IAIN Parepare
Keywords: Karakter, PAI, Pembelajaran, Peserta didik

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan karakter peserta didik pada SMP Negeri 3 Tapalang Barat

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan desain survey research. Adapun teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan infrensial

Temuan Utama: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (pembelajaran Pendidikan Agama dalam hal ini matapelajaran akidah akhlah Islam di SMP Negeri 3 Tapalang Barat berada pada kategori sedang yaitu 72% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 30 responden (2) karakter peserta didik SMP Negeri 3 Tapalang Barat berada pada kategori yaitu 70% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 30 responden (3) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik SMP Negeri 3 Tapalang Barat yang dibuktikan melalui hasil uji hipotesis dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 di tolak, serta berdasarkan uji pengaruh yang telah dilakukan bahwa besarnya pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap karakter peserta didik sebesar 43,1% dalam artian bahwa 57,1% lainnya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Perbedaan Penelitian Ini dengan penelitian sebelumnya yaitu terletak pada variabel X yang mempengaruhi variabel Y.

References

T. W. Moore, Philosopy Of Eduvation: An Introducation. London: Routlage And Kegan Paul, 1992.

M. A. Akhmad, Urgensi Pendiidkan Karakter Di Indonesia. Yogyakarta: Arruz Media, 2013.

A. Sutarjo, Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada, 2013.

Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. BUmi Aksara, 2016.

S. M. Hailami and S. Kurniawan, Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

N. Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam 1. Bandung: CV. Pustaka Setia, 1998.

Published
2021-12-31
How to Cite
[1]
R. Rusmina, “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Pesereta Didik Kelas VII ”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 2, no. 4, pp. 75-79, Dec. 2021.
Section
Articles