Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Dengan Model Pembelajaran Scramble

  • Yuri Adi Pratama Bangun Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Model Scramble, Motivasi Belajar, Pembelajaran Fiqih

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih melalui penggunaan model pembelajaran scramble di kelas X MAS Aisyiyah Medan.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus tersebut terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 10 orang siswa, dan teknik observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Pengumpulan data dilakukan melalui tindakan observasi dan diskusi.

Temuan Utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Pada tahap pra siklus, tingkat motivasi belajar siswa sebesar 47,5%. Setelah dilakukan dua siklus, tingkat motivasi belajar siswa meningkat menjadi 60% pada siklus I dan 82,5% pada siklus II.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dengan menunjukkan efektivitas model pembelajaran scramble dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan melibatkan siswa secara aktif, penelitian ini memberikan alternatif bagi guru dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.

References

Dimyati dan Mudjino, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2002, pp. 80.

N. Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000, pp. 60.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007, pp. 40.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009, pp. 239.

Istarani, Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada, 2012, pp. 186

Published
2021-09-30
How to Cite
[1]
Y. A. Pratama Bangun, “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Dengan Model Pembelajaran Scramble”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 2, no. 3, pp. 52-56, Sep. 2021.
Section
Articles