Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PAI Melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament
Abstract
Tujuan Penelitian: Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam siswa melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Meningkatkan minat belajar dan motivasi siswa melalui model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Guru dapat meningkatkan strategi dan kualitas pembelajaran.
Metodologi: Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan melibatkan subjek penelitian berupa siswa kelas II SDN 10179 Deli Tua Kab. Deli Serdang pada tahun pelajaran 2016-2017. Jumlah siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah 24 orang, dengan komposisi 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.
Temuan Utama: Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan juga minat belajar serta motivasi siswa. Selain itu, penelitian ini juga memberikan manfaat bagi guru dalam meningkatkan strategi dan kualitas pembelajaran.
Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Keterbaruan penelitian ini terletak pada penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta minat belajar dan motivasi siswa. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi dan kualitas pembelajaran bagi guru.
References
M. Huda, “Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial,” Edukasia J. Penelit. Pendidik. Islam, Vol. 10, No. 1, Pp. 165–188, 2015, Doi: 10.21043/Edukasia.V10i1.790.
N. Hendri, “Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi,” E-Tech, Vol. 08, No. 01, Pp. 1–29, 2020, Doi: 10.1007/Xxxxxx-Xx-0000-00.
R. A. Darman, “Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas,” Edik Inform., Vol. 3, No. 2, Pp. 73–87, 2017, Doi: 10.22202/Ei.2017.V3i2.1320.
M. Kristiawan, S. Ahmad, Tobari, And Suhono, “Desain Pembelajaran Sma Plus Negeri 2 Banyuasin Iii Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi Asean Instit Ut Agama Islam Ma ’ Arif Nu ( Iaim Nu ) Metro Lampung,” Iqra’ J. Kaji. Ilmu Pendidik., Vol. 2, No. 2, Pp. 403–432, 2017.
A. Solihah, “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika,” Sap (Susunan Artik. Pendidikan), Vol. 1, No. 1, Pp. 45–53, 2016, Doi: 10.30998/Sap.V1i1.1010.
E. A. Rohmah And - Wahyudin, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Game Online Terhadap Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Siswa,” Eduhumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, Vol. 8, No. 2, P. 126, 2017, Doi: 10.17509/Eh.V8i2.5135.
Y. Gayatri, “Cooperative Learning Tipe Team Game Tournaments (Tgt) Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Biologi,” Didakt. Pendidik. Dan Ilmu Pengetah., Vol. 8, No. 3, Pp. 1–67, 2009.
Copyright (c) 2021 Jamliah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and acknowledge that the Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII) is the first publisher licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.