Implementasi Model Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Ayum Ardianti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Implementasi, Model Direct Instruction, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model direct instruction terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk metode deskriptif. Dan menggunakan observasi dan angket dan dokumentasi sebagai sumber datanya.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode direct instruction sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif. Metode ini melibatkan pengulangan dan pengujian untuk memastikan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Dengan menggunakan metode ini, diharapkan siswa dapat meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan pengetahuan mereka dalam pendidikan agama Islam.

Temuan Utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode direct instruction secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa kelas VII-A dan VII-B di SMP Muhammadiyah 57 Medan mencapai tingkat efektivitas yang sangat tinggi dalam memahami materi pendidikan agama Islam. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode direct instruction dapat meningkatkan pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Penelitian ini memiliki keterbaruan dalam bidang pendidikan agama Islam di tingkat SMP. Dalam konteks penelitian ini, peneliti telah menguji efektivitas metode direct instruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan ini dapat memberikan masukan berharga bagi guru dan pengambil kebijakan pendidikan dalam memilih metode pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan

References

[1] Kompri, Manajemen Pendidikan, Ar-Ruzz Media: Yogyakarta, 2017, pp. 15.
[2] W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran, Jl. Tambra Raya No. 23 Rawamangun, Jakarta 13220 , pp. 207.
[3] Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inofatif-Progresif, Kencana: Prenada Media Group, Jl.Tambra Raya No. 23, Rawamangun Jakarta 13220, pp. 41.
[4] A. Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: PT. Raja Grafindo, 2009, pp. 379-380.
Published
2021-02-28
How to Cite
[1]
A. Ardianti, “Implementasi Model Direct Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 2, no. 2, pp. 32-34, Feb. 2021.
Section
Articles