Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam

  • Anjar Firman Setyawan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Keywords: Guru, Kompetensi, PAI

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Purwokerto Kabupaten Banyumas.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelititan ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Instrument penelitian menggunakan diantaranya: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Verifikasi Data

Temuan Utama: Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan teknik-teknik dan analisis terkait Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 8 Purwokerto Kabupaten Banyumas, dapat peneliti simpulkan bahwa guru Pendidikan Islam Di SMP Negeri 8 Purwokerto semua sudah dianggap professional, hal tersebut dengan melihat kompetensi profesional menururt peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2010 tentang pengelolaan pendidikan agama pada sekolah. Dari ketiga guru PAI di SMP Negeri 8 Purwokerto yaitu bapak Slamet Suparno, S.Pd.I., ibu Eti Fajar Ma’rifah, S.H.I., dan bapak Rano, S.Pd.I. ketiga guru tersebut memiiliki kompetensi professional yang memadai sebagai guru PAI. Hal tersebut dilihat dari hasil observasi dan wawancara yang telah penulis lakukan.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya yaitu penelitian ini lebih menekankan pada kompetensi profesionalnya dan subjek penelitian yang berbeda.

References

Sugihartono and Dkk, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Harsono, Pemberontakan Guru Menuju Peningkatan Kualitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusnandar, Guru Profesional Impelemtasi KTSP. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

H. Gunawan, Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

I. Kurniasih and Berlin Sari, Sukses Uji Kompetensi Guru. Surabaya: Kata Pena, 2015.

Muhaimin, Kontruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Published
2021-03-31
How to Cite
[1]
A. F. Setyawan, “Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 2, no. 1, pp. 6-9, Mar. 2021.
Section
Articles