Pengembangan Bahan Ajar (E-Book) Berbasis Metakognisi Menggunakan 3d Pageflip Pada Materi Struktur Atom Dan Sistem Periodik

  • Devi Kartika Universitas Jambi
Keywords: 3D PageFlip, e-Book, Metakognisi, Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

Abstract

Purpose of the study: Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar e-Book berbasis metakognisi, serta mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar e-Book berbasis metakognisi menggunakan 3D PageFlip pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi.

Methodology: Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE dengan tahapan : analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi.

Main Findings: Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk bahan ajar e-Book yang dibuat menggunakan software 3D PageFlip. Produk tersebut melalui tahap revisi dan validasi kemudian diujicobakan pada kelompok kecil . Diperoleh rerata skor hasil validasi ahli media 4,2 (sangat baik), ahli materi 4,5 (sangat baik), dan tanggapan guru 4,4 (sangat baik). Hasil respon siswa diperoleh persentase 89,3% (sangat baik).

Novelty/Originality of this study: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-Book berbasis metakognisi ini sangat baik digunakan sebagai bahan ajar dalam materi kimia Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur.

References

[1] Y. M. Sari, “Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 23, no. 1, pp. 15–26, 2016, doi: 10.17509/jpis.v23i1.2059.
[2] S. Octaviani, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar,” EduHumaniora | J. Pendidik. Dasar Kampus Cibiru, vol. 9, no. 2, p. 93, 2017, doi: 10.17509/eh.v9i2.7039.
[3] Mayer, R. E. 2009. Multimedia E-Learning: Prinsip-prinsip dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[4] Santrock, J. W. 2004. Live-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.
[5] Mulyasa. 2006. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Safiria Insania Press.
[6] Sanjaya. 2008 . Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
[7] Kamid, K., Sabil, H., Syafmen, W., & Rohana, S. (2022). The Use of Traditional Gundu Games in Improvting Student Dicipline in Mathematics. AL-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14 (3). 3087-3100.
[8] Pannen, P. 2001. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas
[9] Riduwan. 2013. Pengantar Statistika Sosial. Jakarta : ALFABETA.
[10] Ruiz. 2009. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta
[11] Kamid, K., Rohati, R., Hobri, H., Triani, E., Rohana, S., & Pratama, W. A. (2022). Process Skill and Student ’ s Interest for Mathematics Learning : Playing a Traditional Games. Internasional Journal of Instruction, 15(3), 967–988.
[12] Utami P dan Puspaningtyas DE. 2013. The Miracle of Herbs. Jakarta: AgroMedia Pustaka
[13] Sukmadinata. 2004. Belajar & pembelajaran - teori & praktek. Yogyakarta : Arruzz media
[14] Rohana, S., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Syari, E. (2021). Analisis Model Discovery Learning Terhadap Karakter Disiplin dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pelajaran Fisika.
[16] Arikunto. 2004. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
[17] Syaiful. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
[18] Widoyoko, E, P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
[19] Tegeh, I. 2014. Model penelitian pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu
[20] Ernawati, M. D. W., Asrial, A., Perdana, R., Septi, S. E., Rohana, S., & Nawahdani, A. M. (2022). Evaluation of Students’ Interest, Attitudes, and Science Process Skills in Science Subjects. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 181–194. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.37583
[21] Budiningsih. A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
[22] Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D.A., Widodo, R.I., & Rohana, S. (2022). Junior High School Group Discussion Response on Application of Adat Bersendi Syara’Syara’Bersendi Kitabullah in Learning. Journal Evaluation in Education, 3 (4). 102-107.
[23] Dahar. 2011. Teori-teori belajar & pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
[24] Budiarti, R. S., Kurniawan, D. A., & Rohana, S. (2022). A Comparison by Gender: Interest and Science Process Skills. Journal of Education Research and Evaluation, 6(1), 88–97. https://doi.org/10.23887/jere.v6i1.37723.
[25] Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gavamedia
[26] Desmita. 2009. Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung : remaja Rosdakarya
[27] Susilana,R dan Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung : CV Wacana Prima
[28] Ansari, I dan Yamin. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta : GP Press Group.
Binanto, I. 2010. Multimedia Digital–Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta : ANDI.
[29] Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
[30] Haris, D. 2011. Panduan Lengkap e-Book. Yogyakarta : Cakrawala
[31] Ruiz. 2009. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara
[32] Howard. G. 2004. Kecerdasaan Majemuk. (Terjemahan Drs. Alexander Sindoro). Batam Centre: Interaksara.
Published
2020-10-31
How to Cite
[1]
D. Kartika, “Pengembangan Bahan Ajar (E-Book) Berbasis Metakognisi Menggunakan 3d Pageflip Pada Materi Struktur Atom Dan Sistem Periodik”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 1, no. 5, pp. 135-140, Oct. 2020.
Section
Articles