Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Adobe Flash CS5 Professional dan Macromedia Flash 8 Professional pada Pembelajaran Pergeseran Kesetimbangan

  • Samsinar Samsinar Universitas Jambi
Keywords: Adobe flash CS5 professional, Hasil Belajar, Macromedia flash 8 professional, Pergeseran Kesetimbangan

Abstract

Purpose of the study: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ranah kognitif dan afektif siswa kelas XI MIA SMAN 1 Batanghari yang diajarkan melalui media adobe flash CS5 professional dan macromedia flash 8 professional pada materi pergeseran kesetimbangan.

Methodology: Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimen dengan rancangan penelitian Post-test Only Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive dan teknik analisa data menggunakan rumus uji-t, dengan asumsi data harus berdistribusi normal dan homogen.

Main Findings: Hasil belajar ranah afektif siswa dikategorikan cukup baik dengan persentase rata-rata afektif kelas eksperimen I (adobe flash CS5 professional) dan kelas eksperimen II (macromedia flash 8 professional) yaitu 63% dan 62%. Sedangkan nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen I yaitu 68 dan kelas eksperimen II yaitu 64. Berdasarkan uji statistik pada α = 0,05 diperoleh thitung < ttabel (1,755 < 1,994). Dengan demikian hipotesis alternatif (H1) diterima.

Novelty/Originality of this study: keterbaruan dalam penelitian ini adalah menggunakan media adobe flash CS5 professional dan macromedia flash 8 professional terhadap hasil belajar siswa pada materi pergeseran kesetimbangan di kelas XI MIA SMAN 1 Batanghari.

References

[1] Susilowati, E dan Harjani, T. 2013. Buku Guru Kimia. Solo: PT Wangsa Jatra Lestari.
[2] Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
[3] Kristiana, 2014, Pengembangan multimedia pembelajaran pergeseran kesetimbangan berbasis PBL dengan menggunakan software macromedia flash 8 untuk kelas XI, Skripsi, Universitas Jambi, Jambi.
[4] Gusvandi, D. 2015, Pengembangan multimedia pembelajaran menggunakan adobe flash CS5 professional berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach) pada materi pergeseran kesetimbangan di SMA Negeri 10 batanghari, Skripsi, Universitas Jambi, Jambi.
[5] Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
[6] Basuki, I dan Hariyanto. 2014. Assesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
[7] Sudjana. 2005. Metoda Statistika Edisi keenam. Bandung: Tarsito
[8] Rusman., Deni, K., dan Cepi, R. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Press
[9] Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
[10] Uno, H. B. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
[11] Gandhi, T. W. 2010. Filsafat Pendidikan: Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2020-10-31
How to Cite
[1]
S. Samsinar, “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Adobe Flash CS5 Professional dan Macromedia Flash 8 Professional pada Pembelajaran Pergeseran Kesetimbangan”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 1, no. 5, pp. 125-129, Oct. 2020.
Section
Articles