Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bilangan Kuantum dan Bentuk Orbital

  • Junita Debataraja Universitas Jambi
Keywords: Bentuk Orbital, Bilangan Kuantum, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengaruhnnya terhadap hasil belajar siswa pada materi Bilangan Kuantun dan Bentuk Orbital Kelas X SMAN 1 Batanghari.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen, dengan hanya menggunakan satu kelas yang akan diberi perlakuan. Sampel dipilih dengan meminta kelas yang sering remedial kimia kepada guru bidang studi kimia, dimana kelas X MIA 3 sebagai sampel. Instrumen dalam penelitian ini lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru dan siswa dan tes hasil belajar berupa soal objektif, yang telah ditentukan validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitasnya.

Temuan Utama: Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan kuantum dan bentuk orbital.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Keterbaruan penelitian ini yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk menganalisis keterlaksanaan dan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

References

M. Fathurrohman, M, “Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR- Ruzz Media, 2015.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka, 2007.

D. Mulyani, D. Hubungan Kesiapan Siswa Dengan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling Vol. 2 No. 1 Januari 2012. Padang: Universitas Negeri Padang, 2012.

Trianto, “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif,” Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Trianto, “Model Pembelajaran Terpadu:konsep, strategi, dan pendidikan (KTSP),” Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

H. B. Uno, dan M. Nurdin, “Belajar dengan Pendekatan PAIKEM,” Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.

U. S. Winataputra, dkk. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

Published
2021-08-30
How to Cite
[1]
J. Debataraja, “Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bilangan Kuantum dan Bentuk Orbital”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 2, no. 4, pp. 80-86, Aug. 2021.
Section
Articles