Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Flash Card Pada Siswa Kelas IV MI

  • Alfiah Alfiah Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga
Keywords: Flash Card, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS sub pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya pada siswa kelas IV MI Darussalam Bancak melalu media flash card.

Metodologi:Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV MI Darusslam Bancak, Semarang yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal tes, lembar observasi/pengamatan bagi siswa, lembar observasi/pengamatan bagi guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan menggunakan rumus T-Tes.

Temuan Utama: Temuan penelitian ini adalah media flash card dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV dengan sub pokok bahasan keragaman suku bangsa dan budaya.

Keterbaruan/Keaslian penelitian: Keterbaruan penelitian ini yaitu menggunakan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References

R. A. Wahab, “Media Pembelajaran Bahasa Arab,” Malang, UIN Malang Pres, 2009.

S. R. Hartin, “Model Penelitian Kelas,” Yogya Teras, 2010.

W. E. Baharudin, “Teori Belajar dan Pembelajaran,” Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2008.

Basrowi dan Suwandi, “Prosedur PTK,” Jakarta: Galia Indonesia, 2008.

S. Arikunto, dkk, “Penelitian Tidakan Kelas,” Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Published
2020-08-31
How to Cite
[1]
A. Alfiah, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Flash Card Pada Siswa Kelas IV MI”, Jo. Soc. Know. Ed, vol. 1, no. 3, pp. 82-87, Aug. 2020.
Section
Articles