Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah

  • Wanada Siti Salsabilah IAIN Bengkulu
Keywords: Guru, Motivasi belajar, Pendidikan

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui perencanaanguru pendidikan agama islam yang digunakan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri Bengkulu.

Metodologi: metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitiandeskriptif, instrumen penelitian yaitu wawancara dan dokumentas, dan analisis penelitian menggunakan miles and huberman.

Temuan Utama: hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa perencanaan guru pendidikan agama Islam di MTs Negeri Bengkulu berupa administrasi pembelajaran, yaitu penyusunan RPP untuk proses belajar mengajar di dalam kelas dan penentuan cara yang tepat untuk diterapkan engan melihat kondisi siswa. Dari perencanaan tersebut maka guru PAI dapat dengan mudah menyampaikan materi pembelajaran melalui RPP dan juga mengetaui cara yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri Bengkulu

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Motivasi belajar pendidikan agama islam dan Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama islam di MTs Negeri Bengkulu.

References

[1] Sujana, I. Wayan Cong. "Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia." Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4.1, 2019: 29-39.
[2] Imelda, Ade. "Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8.2, 2017: 227-247.
[3] Syafe'i, Imam. "Tujuan Pendidikan Islam." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6.2, 2015: 151-166.
[4] Suharni, Suharni. "Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa." G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 6.1, 2021: 172-184.
[5] Lestari, Endang Titik. Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Deepublish, 2020.
[6] Subadi, Tjipto. "Metode penelitian kualitatif." 2006.
Published
2020-12-31
How to Cite
[1]
W. S. Salsabilah, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Tsanawiyah”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 1, no. 4, pp. 131-136, Dec. 2020.
Section
Articles