Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 1 Sumbergepol Tulungagung

  • Binti Kurniatin IAIN Tulungagung
Keywords: Guru PAI, Karakter, Religius

Abstract

Tujuan Penelitian: untuk menjelaskan Pelaksaan, Metode guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung dan faktor dan menghambat dan mendukung dalam pembentukan karakter religius tersebut.

Metodologi: penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, sampel penelitian ini guru PAI di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, instrumen yang digunakan berupa wawancara, anais data menggunakan miles and huberman.

Temuan Utama: hasil penelitian ini yaitu guru harus membentuk karakter religius siswa, Karena dalam pembiasaan ini menjadi tumbuh dan berkembang dengan baik dan tentunya dengan pembiasaan-pembiasaan yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga muncul suatu rutinitas yang baik dan tidak menyimpang dari ajaran agama Islam.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: peneitian ini fokus pada karakter religius siswa pada pembelajaran Agama Islam

References

[1] Heriyansyah, Heriyansyah. "Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah." Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1.01, 2018
[2] Falah, Saiful. Guru Adalah Ustadz Adalah Guru. Republika Penerbit, 2012.
[3] Maya, Rahendra. "Esensi guru dalam visi-misi pendidikan karakter." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 2.03, 2017.
[4] Astalini, Darmaji, D. A. Kurniawan, et al. "The Exploration of Character Values in Physics Learning on Momentum, Impulse, and Collision Materials." Journal of Education Research and Evaluation 7.2, 2023: pp 277-284.
[5] Mulyasa, H. E. Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara, 2022.
[6] Strauss, Anselm, and Juliet Corbin. "Penelitian Kualitatif." Yogyakarta: Pustaka Pelajar , 2003.
Published
2020-12-31
How to Cite
[1]
B. Kurniatin, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 1 Sumbergepol Tulungagung”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 1, no. 4, pp. 126-130, Dec. 2020.
Section
Articles