Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajarandi SMPNegeri 1 Sumbergempol Tulungagung

  • Siti Arofah IAIN Tulungagung
Keywords: Guru, Kualitas, PAI

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui perencanaan guru PAI dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung.

Metodologi: metodepenelitian ini yaitu kualitatif, dengan sampel penelitian yaitu guru PAI di SMP Negeri 1 Sumbergempol, istrumen yang digunakan untuk mengambil data yaitu menggunakan observasi dan wawancara

Temuan Utama: hasildari enelitian ini adalah Perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Sumbergempol adalah dengan membuat perangkat pembelajaran terlebih dahulu. Untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran diperlukan perencanaan yang matang. Untuk itu perlu persiapan untuk membuat perangkat pembelajaran, meliputi silabus, RPP, prota , promes. Guru juga dituntut untuk menguasai materi yang akan diajarkan.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Bagi para peneliti selanjutnya hendaknya lebih mengkaji secara mendalam tentang upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran guru PAI agar dapat terlaksananya pendidikan yang lebih baik untuk masa yang akan datang.

References

[1] Sujana, I. W. Cong. "Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia." Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1), 2019,: 29-39.
[2] Lase, Delipiter. "Pendidikan di era revolusi industri 4.0." SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 12(2), 2019: 28-43.
[3] Sujana, I. W. Cong. "Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia." Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4 (1), 2019, 29-39.
[4] PAI, APPAI. "Pendidikan agama islam." Jurnal, diakses pada 18.10 (1997): 2018.
[5] Arifin, Samsul. Pendidikan Agama Islam. Deepublish, 2018.
[6] Data, Teknik Pengumpulan. "Instrumen Penelitian." Kisi-Kisi Instrumen, 2015.
Published
2020-09-30
How to Cite
[1]
S. Arofah, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajarandi SMPNegeri 1 Sumbergempol Tulungagung”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 1, no. 3, pp. 106-110, Sep. 2020.
Section
Articles