Stategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTS N Tunggangri Kalidawir

  • Ridwanul Bahri IAIN TulungAgung
Keywords: Akidak akhlak, Prestasi, Siswa

Abstract

Tujuan Penelitian: Mendeskripsikan perencanaan strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Negeri Kalidawir

Metodologi: metode yang digunakan yaitu kualitatif, dengan desain penelitian studi asus, populasi penelitian di MTs Negeri Kalidawir, instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi

Temuan Utama: berdasarkan hasil penelitian strategi mengajar guru berhubungan dalam situasi belajar siswa-siswa, sikap guru yang memperhatikan siswa secara menyeluruh dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan, apalagi dalam penyampaian materi guru menggunakan interaksi langsung dengan siswa, membuat siswa merasa senang dan situasi belajar dapat terkondisikan.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Dalam kegiatan pembelajaran itu harus ada yang namanya perencanaan pembelajaran, semakin banyak perancanaan yang digunakan maka semakin baik pada hasil dari pembelajaran ,perencanaan strategi pembelajaran guru akidah akhlak di MTs N Tunggangri Kalidawir

References

[1] Harapan, Edi, S. Ahmad, Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers, 2022.
[2] Hasibuan, A. Tarmizi, et al. "Kreativitas Guru Menggunakan Metode Pembelajaran Pkn Di Sdn 010 Hutapuli." Jurnal Pendidikan Tambusai , vol 6, no. 2, 2022, pp 9946-9956.
[3] Rahayu, Restu, S. Iskandar, Y. Abidin. "Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia." Jurnal Basicedu vol.6, No.2, 2022, pp 2099-2104.
[4] Johar, Rahmah, L. Hanum. Strategi belajar mengajar. Deepublish, 2016.
[5] Suharti, S. Pd, et al. Strategi belajar mengajar. Jakad Media Publishing, 2020.
[6] Hanyfah, Siti, G. R. Fernandes, I. Budiarso. "Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash." Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi). Vol. 6. No. 1. 2022.
Published
2020-09-30
How to Cite
[1]
R. Bahri, “Stategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTS N Tunggangri Kalidawir”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 1, no. 3, pp. 96-100, Sep. 2020.
Section
Articles