Nilai-nilai Pendidikan Karakter Nasionalisme dalam buku Api Sejarah Karya Ahmas Mansur Suryanegara

  • Mu'thi Farhan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Keywords: Api Sejarah, Nasionalisme, Pendidikan Karakter

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter nasionalisme yang terkandung dalam buku Api Sejarah karya Ahmad Mansur Suryanegara.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif adalah penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta, atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat, mengenai sifat-sifat populasi suatu daerah. Dalam pengumpulan data peneliti metode studi pustaka ilmiah Penelitian ini menggnakan metode analisis konten. Dari materi yang ada di buku Api sejarah, kemudian di pilih sesuai kodifikasi yang sudah di tentukan.

Temuan Utama: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya Nilai-nilai Pendidikan Karakter Nasionalisme didalam Buku Api Sejarah Karya Ahmad Mansur Suryanegara yaitu NilaiPpersatuan dan Kesatuan (uukuwah) yaitu meliputi khuwah Islamiyah, Ukhuwah Bashariyah, Ukhuwah Wathaniyah, Nilai Solidaritas, dan Nilai memperjuangkan Kemerdekaan dan Keadilan.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Melalui penelitian ini, dapat diketahui nilai nilai pendididkan karakter nasionalisme yang terkandung di dalam dalam buku Api Sejarah karya Ahmad Mansur Suryanegara.

References

A. Prihatmojo & B. Badawi, “Pendidikan karakter di sekolah dasar mencegah degradasi moral di era 4.0.,” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, vol. 4, no. 1, pp. 142-152, 2020.

D. Ilham, “Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional,” Didaktika: Jurnal Kependidikan, vol. 8, no. 3, pp. 109-122, 2019.

I. Fathurrochman & E. Apriani, “Pendidikan Karakter Prespektif Pendidikan Islam dalam Upaya Deradikalisasi Paham Radikal,” Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 3, no. 1, pp. 122-142, 2017.

H. Bastomi, “Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah,” Jurnal. Elementary, vol. 5, no. 1, pp. 17-26, 2017.

Published
2022-03-31
How to Cite
[1]
M. Farhan, “Nilai-nilai Pendidikan Karakter Nasionalisme dalam buku Api Sejarah Karya Ahmas Mansur Suryanegara”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 3, no. 1, pp. 10-15, Mar. 2022.
Section
Articles