Program Bimbingan Belajar BTA-PPI dalam Meningkatkan Sikap Religius Siswa

  • Agung Nur Hidayat Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
Keywords: Sikap, Religius, Siswa

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan bimbingan keagamaan BTA-PPI ini dilakukan yaitu untuk menghasilkan suatu perubahan, perbaikan, kesehatan dan kebersihan jiwa serta mental dan menghasilkan perubahan, perbaikan dan kesopanan tingkah laku yang dapat memberikan manfaat bagi dirinya sendiri. Artinya adanya bimbingan keagamaan ini akan menjadikan jiwa tenang, damai, dan mendapat taufik dan hidayah dari Tuhan.

Metodologi: Jenis Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan perilaku yang dapat diamati.

Temuan Utama: Hasil penelitian menggambarkan adanya bimbingan keagamaan yang diberikan oleh sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam dengan berbagai macam kegiatan. Hal tersebut dilakukan melalui berbagai macam metode-metode yang diterapkan pada setiap kegiatannya, dengan harapan memberikan peserta didik bimbingan keagamaan agar mencapai kehidupan yang lebih baik. Bimbingan keagamaan di MA Amanah Patikraja, sejauh ini bisa dikatakan berhasil dengan adanya berbagai macam bimbingan kegamaan yang bisa diikuti oleh peserta didik dengan antusias yang sangat bagus dan berharap kedepannya akan lebih baik lagi

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Untuk memperjelas posisi penelitian ini dibandingkan dengan penelitian lain, maka peneliti mengadakan telaah pustaka dengan cara mencari dan menemukan teori-teori yang pernah ada sebelumnya, selain itu agar tidak terjadi plagiatisme dan mengetahui perbedaan hasil  penelitian terdahulu dengan penelitian yang telah dilakukan.

References

A. Suharsimi, Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara, 1989.

Suherman, “Bimbingan Belajar,” J. Ilm. Univ. Penmdidikan Indones..

A. S. Munir, Bimbingan Dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah, 2010.

Hallen, Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat, 2002.

P. H, Psikologi Remaja. Bandung: Rosda Karya, 1996.

S. Winkel W and S. Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan,. Yogyakarta: Media Abadi, 2006.

A. N. Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam Jilid 2. Semarang: Asy Syifa’, 1991.

Published
2021-03-31
How to Cite
[1]
A. N. Hidayat, “Program Bimbingan Belajar BTA-PPI dalam Meningkatkan Sikap Religius Siswa ”, J. Pend. A. Isl. Ind, vol. 2, no. 1, pp. 1-5, Mar. 2021.
Section
Articles