Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dalam kompetensi geometri 3D

  • Zesra Zesra SMKN 1 Batanghari
Keywords: Adobe Flash, Media Pembelajaran, 3D Geometri

Abstract

Tujuan penelitian: Bertujuan untuk menciptakan produk media animasi audio-visual dalam pembelajaran pembangunan ruang yang mampu menjadi solusi untuk kesalahpahaman siswa dalam memahami unsur-unsur berbagai bangunan ruang tiga dimensi di Sekolah Kejuruan.

Metodologi: Desain pengembangan yang digunakan adalah dengan mengadopsi model pengajaran dan pembelajaran Dick dan Carrey dengan memanfaatkan sembilan langkah desain. Produk-produk dalam penelitian ini telah diuji dan direvisi oleh para ilmuwan materi dan media dan juga kompetensi dalam menggunakan media pengajaran dan pembelajaran terutama di sekolah-sekolah kejuruan oleh para guru dan siswa.

Temuan utama: Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat membantu siswa menemukan kesalahpahaman dalam menemukan konsep terbaik untuk memotivasi belajar yang lebih baik, pengajaran dan pembelajaran dapat menjadi efektif, dan efisien serta menarik.

Keterbaruan peneltian: Keterbaruan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran menggunakan adobe flash yang mampu meningkatkan kompetensi geometri 3D.

References

P. D. Damanik, dan N. Bukit, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Training (IT) dan Direct Instruction (DI)”, Jurnal Online Pendidikan Fisika, vol. 19. 2013.

UU RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

A. Arsyad, “Media Pembelajaran”. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010

Astalini, D.A. Kurniawan dan Z. N. F Linda, “Deskripsi Sikap Siswa SMA di Batanghari berdasarkan Indikator Normalitas Ilmuwan, Adopsi dari Sikap Ilmiah, Ketertarikan Memperbanyak Waktu, dan Ketertarikan Berkarir dibidang Fisika”, Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 2, pp. 73-80. 2019.

R. Asyhar, “Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran”. Jakarta: Gaung Persada, 2010.

S. Mishra, “Interactive Multimedia in Education and Training”. India: Indira Gandhi National Open Universcity, 2004

R. Mayer, “Multimedia Learning Prinsip-prinsip dan Aplikasi-edisi terjemahan”, Cambridge University Press. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

H. A. H. Sanaky, “Media Pembelajaran”. Yogyakarta: Safria Insani Press, 2009

R. C. Richey, “Design and Development Research, Methodes, Strategies and Issues”. London: Lawrence Erlnaum Associates, Publishers, 2007.

Sugiono, “Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif dan Research and Development”. Bandung: Alfabeta, 2008

S. N. Sukmadinata, “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: PT.Remaja Rasdakarya, 2008

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009

Y. Munadi, “Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru”. Jakarta: Gaung Persada Press, 2008

W. Sanjaya, “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009

H. B. Uno, “Perencanaan Pambelajaran”, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007

M. D. Roblyer., dan H. A. Doering, “Integrating Education Technology Into Teaching Fifth Edition”. Pearson Allyn: United States, 2010

Y. Miarso, “Menyemai Benih Teknologi Pendidikan”, Jakarta: Prenada Media, 2004

R. Rahmayeni, “Kerja keras siswa dalam pelajaran sains”, Journal Evaluation in Education, vol. 1, no. 1, pp. 27-33, 2020.

M. Corry, “Identifikasi religiusitas siswa di sma adhyaksa 1 jambi”, Journal Evaluation in Education, vol. 1, no. 1, pp. 15-20, 2020.

N. Neldawati, “Deskripsi lingkungan belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika di sma ferdy ferry putra kota jambi”, Journal Evaluation in Education, vol. 1, no. 1, pp 1-7, 2020.

S. Hasrani, “Kreativitas siswa dalam mata pelajaran ipa”, Journal Evaluation in Education, vol. 1, no. 1, pp. 21-26, 2020.

Published
2020-04-30
How to Cite
[1]
Z. Zesra, “Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dalam kompetensi geometri 3D”, Jor. Eva. Edu, vol. 1, no. 2, pp. 50-53, Apr. 2020.
Section
Articles