Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Hasil Belajar Siswa: Analisis Kesulitan

  • Eka Gunarti Ningsih Universitas Jambi

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang temui pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan melihat hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pelaksanaan proses pembelajaran di SMAN 3 Kota Jambi.

Metodologi: Metode penelitian ini adalah Mix Methods. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, angket, dan tes hasil belajar.

Temuan utama: Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa dalam penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMAN 3 Kota Jambi menemukan kesulitan dalam hal kesiapan siswa, interaksi antar siswa, manajemen kelas dan fasilitas. Meskipun demikian, hasil belajar yang diperoleh selama 3 kali Kegiatan Belajar Mengajar dinilai sudah baik jika ditinjau dari hasil analisis level jawaban siswa dan nilai rata-rata siswa. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti mampu membantu siswa memahami pelajaran dengan baik..

Keterbaruan penelitian: Penelitian ini memperkuat tentang kesulitan yang ditemui selama proses pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw

References

M. Vanalita, Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan komunikasi lisan dan hasil belajar biologi siswa. Lampung: Universitas Lampung, 2014.

Muhibuddin, “Pengaruh penggunaan strategi cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X pada konsep redoks,” Skripsi, 2008.

A. Sukarini, E. Susilowati, and K. S. Martini, “Studi komparasi pembelajaran kimia menggunakan metode jigsaw dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap prestasi belajar siswa pada materi koloid kelas XI semester 2 SMAN 1 Wonogiri tahun ajaran 2011/2012,” J. Pendidik. Kim., vol. 2, no. 3, pp. 77–84, 2013.

E. Riyanti, Analisis proses pembelajaran model kooperatif tipe jigsaw pada materi hidrokarbon di SMAN 6 Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi, 2014.

R. I. Arends, Learning to Teach 9th Edition. New York: The McGraw-Hill, 2012.

T. W. Gandhi, Filsafat Pendidikan: Mazhab-Mazhab Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Isjoni, Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

N. Hanafiah and C. Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2009.

S. Kagan and M. Kagan, Cooperative Learning. San Clemente: CA: Kagan Publisihing, 2009.

Subyakto, Pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw dan STAD (Student Teams Achievements Division) terhadap prestasi belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri se wilayah Ngawi Timur. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-18. Bandung: CV Alfabeta, 2013.

Published
2021-10-31
How to Cite
[1]
E. G. Ningsih, “Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Hasil Belajar Siswa: Analisis Kesulitan ”, Jor. Eva. Edu, vol. 2, no. 4, pp. 117-124, Oct. 2021.
Section
Articles