Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Make a Match

  • Pauziah Pauziah Universitas Jambi
Keywords: Keaktifan Belajar, Mata Pelajaran IPA, Model Pembelajaran Make A Match

Abstract

Purpose of the study: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui model pembelajaran make a match di Kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian.

Methodology: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi keaktifan belajar peserta didik dan lembar observasi guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran make a macth. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Main Findings: Hasil penelitian ini menunjukkan melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian. Berdasarkan lembar observasi keaktifan belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I keaktifan belajar peserta didik 56,75% / Cukup Baik, meningkat pada siklus II menjadi 75,74% / Baik.

Novelty/Originality of this study: keterbaruan dalam penelitian ini adalah dapat digunakan untuk mengembangkan teori mengenai keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match.

References

[1] Shoimin, 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA.
[2] Siburian & Asrial, 2010. Model Pembelajaran Sains. Jakarta : FKIP Universitas Jambi.
[3] Daryanto, 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Yogyakarta : Gavamedia
[4] Fatmasari, D. I. 2014. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Pada Kelas V A SD Negeri GoloYogyakarta. Diakses tanggal 22 juli 2016.
[5] Hamalik, 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
[6] Huda, 2014.model-model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
[7] Trianto, 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.
[8] Yamin, 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta : GP Press Group.
[9] Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Predana Media Group
Published
2020-08-31
How to Cite
[1]
P. Pauziah, “Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Make a Match”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 1, no. 4, pp. 112-117, Aug. 2020.
Section
Articles